kehamilan

Hari Tanpa Bayangan, Pastikan Ibu Hamil Tak Dehidrasi Ya

Radian Nyi Sukmasari Kamis, 11 Okt 2018 - 11.40 WIB
Ilustrasi ibu hamil di hari tanpa bayangan/ Foto: Thinkstock Ilustrasi ibu hamil di hari tanpa bayangan/ Foto: Thinkstock
Jakarta - Setelah Jakarta, beberapa kota bakal mengalami fenomena hari tanpa bayangan nih, Bun. Hari ini kota Semarang kebagian fenomena hari tanpa bayangan. Fenomena itu akan terjadi tepat pukul 11.25 WIB. Durasinya sekitar 5 sampai 10 menit.

Kata Kepala Seksi Data dan Informasi Stasiun BMKG Semarang, Iis Widya Harmoko, dengan cuaca yang panas tersebut, warga perlu perbanyak minum air putih agar tidak dehidrasi, memakai sunblock, dan hindari kegiatan yang memicu kebakaran.

"Matahari pada bulan Oktober menuju wilayah Selatan equator sehingga suhu udara menjadi panas," kata Iis seperti dilansir dari detikcom.

Memang nih, Bun. Saat cuaca sedang panas-panasnya, jangan sampai kita dehidrasi. Terutama bagi Bunda yang sedang hamil pastikan mendapat asupan cairan cukup ya. Saat hamil, kebutuhan cairan ibu hamil meningkat. Dianjurkan, ibu hamil mengonsumsi 8-10 gelas per hari atau setara 2,5 liter, demikian disampaikan dr Budi Iman Santoso, SpOG(K) seperti dikutip dari detikcom.



Bila ibu hamil dehidrasi, ada risiko dehidrasi ringan akut dan dehidrasi ringan kronik. Dehidrasi ringan akut bisa menyebabkan oligohidroamnion (cairan ketuban yang sedikit) dan gangguan pada janin serta waktu persalinan yang lama. Sedangkan dehidrasi ringan kronik bisa menyebabkan batu pada saluran kemih, infeksi saluran kemih, sembelit dan tekanan darah tinggi.

Nah, berkurangnya air ketuban pada ibu hamil bisa berpengaruh pada bayi karena ketika cairan ketuban berkurang, bayi tidak berkembang dengan baik, demikian disampaikan dr Aida Riyanti SpOG.

Hari tanpa bayanganHari tanpa bayangan/ Foto: Rengga Sancaya
"Air ketuban kan sebagai bantalan, kalau kurang bayi tidak bisa bergerak maksimal sehingga terjadi deformitas pada kaki misalnya dan terhambat perkembangannya," kata dr Aida dikutip dari detikcom.

Menurut American Pregnancy, tanda-tanda ibu hamil mengalami dehidrasi antara lain kelelahan, merasa gerah berlebihan, dan urine berwarna kuning pekat sampai cokelat. Untuk itu, guna menghindari dehidrasi saat hamil disarankan ibu minum minimal 8-12 gelas air per hari. Hindari juga minuman mengandung kafein yang bisa bikin Bunda lebih sering buang air kecil.

Cara lain menghindari dehidrasi saat hamil adalah menghindari aktivitas yang bisa membuat overheating dan aktivitas yang dilakukan di lingkungan yang panas atau terpapar langsung sinar matahari. Jika mau olahraga boleh-boleh aja kok, Bun, tapi tetap pastikan kebutuhan cairan terpenuhi ya.

Ingat, sumber cairan nggak cuma dari air putih tapi juga buah-buahan, sayuran, kuah sayur atau jus buah. Tetap semanggat beraktivitas ya, Bunda, pada hari tanpa bayangan ini.




(rdn/nwy)
Share yuk, Bun!
Rekomendasi