kehamilan

12 Buah yang Baik Dikonsumsi Ibu Hamil (1)

Siti Hafadzoh Kamis, 11 Okt 2018 - 15.45 WIB
Ilustrasi buah untuk ibu hamil/ Foto: iStock Ilustrasi buah untuk ibu hamil/ Foto: iStock
Jakarta - Asupan nutrisi yang diperlukan tubuh menjadi bertambah ketika sedang hamil dan Bunda pun jadi lebih selektif memilih makanan. Untuk memenuhi nutrisi harian Bunda dan bayi yang berada dalam kandungan, ada beberapa makanan yang penting dikonsunsi ibu hamil, salah satunya buah.

Konsumsi buah saat hamil dapat mendukung perkembangan janin lho, Bun. Selain itu, bisa meningkatkan asupan vitamin dan meneral, juga menjaga kondisi tubuh Bunda agar tetap baik. Dilansir Medical News Today, berikut 12 buah-buahan yang baik dikonsumsi oleh ibu hamil.

1. Aprikot
Aprikot atau yang lebih dikenal dengan sebutan buah persik ini mungkin memang sedikit sulit ditemukan di pasar ya, Bun. Buah ini memiliki nutrisi yang penting untuk ibu hamil seperti vitamin A, C, dan E, kalsium, zat besi, potasium, beta karoten, fosfor, dan silikon. Nutrisi-nutrisi ini dapat membantu perkembangan janin. Misalnya, zat besi baik untuk mencegah anemia dan kalsium akan membentuk tulang yang kuat.

2. Jeruk
Kandungan airnya yang cukup tinggi membuat jeruk menjadi alternatif buah yang bisa menghidrasi dan menyehatkan. Kandungan vitamin C di dalamnya dapat mencegah kerusakan sel dan membantu penyerapan zat besi. Jeruk juga mengandung folat lho, Bun. Tentu Bunda sering mendengar bahwa ibu hamil harus banyak mengonsumsi makanan yang mengandung folat. Folat berguna mencegah cacat pada pembuluh saraf yang dapat menyebabkan kelainan otak dan saraf tulang
belakang pada bayi.

Buah yang Baik Dikonsumsi Ibu HamilBuah yang Baik Dikonsumsi Ibu Hamil Foto: Istimewa
3. Mangga
Mangga kaya akan vitamin A dan C. Konsumsi satu mangkuk potongan mangga dapat memenuhi 100 persen Angka Kecukupan Gizi (AKG) vitamin C dan lebih dari satu per tiga AKG untuk vitamin A. Bayi yang lahir dengan kekurangan vitamin A memiliki daya tahan tubuh yang lemah dan risiko komplikasi setelah lahir seperti infeksi saluran pernapasan.



4. Pir
Dalam buah pir terdapat nutrisi berupa serat, kalium, dan folat. Konsumsi serat pada saat hamil dapat mencegah sembelit dan gejala kehamilan lainnya. Sedangkan, kalium bermanfaat untuk kesehatan jantung Bunda dan bayi, serta menstimulasi regenerasi sel baru.

5. Delima
Satu buah delima mengandung vitamin K, kalsium, folat, zat besi, protein, dan serat. Selain padat nutrisi, buah delima juga merupakan sumber energi yang baik bagi ibu hamil. Ada penelitian yang menunjukkan mengonsumsi jus buah delima dapat mencegah kerusakan plasenta.

Buah yang Baik Dikonsumsi Ibu HamilBuah yang Baik Dikonsumsi Ibu Hamil/ Foto: GettyImages
6. Alpukat
Berbagai nutrisi yang baik untuk ibu hamil terdapat dalam alpukat, seperti vitamin C, E, dan K, asam lemak tak jenuh tunggal, vitamin B, dan kalium. Lemak sehat yang ada dalam alpukat dapat mencegah kecacatan pada pembuluh saraf. Selain itu, lemak juga berfungsi dalam pembentukan kulit dan jaringan otak bayi yang sedang berkembang di rahim ibu. Sementara itu, kalium pada alpukat dapat meringankan kram kaki dan gejala umum lainnya yang biasa terjadi pada kehamilan, terutama di trimester ketiga.

Konsumsi buah memang boleh dalam bentuk apa saja, seperti buah segar, kering, beku, atau jus. Dikutip dari detikcom, Bunda yang memiliki riwayat penyakit diabetes lebih baik mengonsumsi buah segar daripada konsumsi jus.

Buah yang baik dikonsumsi ibu hamilBuah yang baik dikonsumsi ibu hamil Foto: Istimewa
"Hamil dengan diabetes sebaiknya juga jangan keseringan minum jus, lebih baik makan buah potong. Saya lebih menganjurkan diblender, jadi seratnya bisa ikut termakan semua. Jangan dibuang seratnya, kalau cuma minum airnya saja kan sayang," jelas dr Verawati S, SpGK dari RS Kemang Medical Care (KMC).

Bunda harus memperhatikan kandungan gula yang ada dalam buah ya. Soalnya, beberapa buah memiliki kandungan gula yang tinggi nih seperti buah kering dan jus buah. Kandungan gulanya lebih tinggi lho, Bun dibanding buah segar. Jadi, Bunda tetap perlu mengatur porsi konsumsi buah selama hamil.

(rdn/rdn)
Share yuk, Bun!
Rekomendasi