kehamilan

12 Buah yang Baik Dikonsumsi Ibu Hamil (2)

SIti Hafadzoh Kamis, 11 Okt 2018 - 17.09 WIB
Ilustrasi ibu hamil makan buah/ Foto: iStock Ilustrasi ibu hamil makan buah/ Foto: iStock
Jakarta - Buah dan sayur perlu banget dikonsumsi termasuk oleh ibu hamil. Bila Bunda sedang hamil jangan lupa konsumsi buah yang baik untuk ibu hamil berikut ini ya.

Dilansir Medical News Today, ibu hamil setidaknya harus mengonsumsi lima porsi buah dan sayur dengan jenis yang beragam. Berkut daftar buah yang direkomendasikan untuk ibu hamil.

1. Jambu Biji
Buah ini kaya akan vitamin C dan E, polifenol, karotenoid, isoflavonoid, dan folat. Konsumsi jambu biji untuk ibu hamil sangat baik karena buah ini memiliki kandungan nutrisi yang beragam. Makan jambu biji ketika hamil bisa membantu mengendurkan otot, melancarkan pencernaan, dan mengurangi sembelit.

2. Pisang
Pisang tinggi vitamin C, kalium, vitamin B6, dan serat. Serat yang terkandung dalam pisang dapat mengurangi sembelit pada kehamilan. Penelitian juga menunjukkan vitamin B6 bisa mengurangi mual dan muntah pada awal kehamilan.



3. Anggur
Konsumsi anggur memenuhi asupan nutrisi seperti vitamin C dan K, folat, antioksidan, serat, asam organik, dan pektin. Antioksidan pada anggur juga meningkatkan kekebalan dan mencegah terjadinya infeksi.

Buah yang baik dikonsumsi ibu hamilBuah yang baik dikonsumsi ibu hamil/ Foto: iStock
4. Beri
Buah beri mengandung banyak air. Sehingga buah ini cocok dikonsumsi ibu hamil untuk mencegah terjadinya dehidrasi. Vitamin C di dalamnya berguna untuk membantu penyerapan zat besi dan meningkatkan kekebalan tubuh. Nutrisi lain yang terkandung dalam buah beri yaitu karbohidrat dan serat.

5. Apel
Sebuah penelitian menunjukkan konsumsi apel ketika hamil dapat mengurangi risiko bayi terkena asma dan alergi. Apel kaya akan vitamin A dan C, serat, dan kalium.

Buah yang baik dikonsumsi ibu hamilBuah yang baik dikonsumsi ibu hamil/ Foto: Istimewa
6. Buah Kering
Selain vitamin, mineral, dan serat yang juga dimiliki buah segar, konsumsi buah kering juga dapat memberi asupan energi bagi tubuh. Pada dasarnya, buah kering memiliki kandungan nutrisi yang sama dengan buah segar.

Tapi, perlu Bunda ingat, buah kering memiliki kandungan gula yang lebih tinggi dan kandungan air yang lebih rendah dibandingkan dengan buah segar. Jadikan konsumsi buah kering hanya sebagai tambahan saja ya, Bun. Tetap utamakan konsumsi buah segar. Dengan konsumsi buah setiap hari, Bunda dapat memenuhi berbagai nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh.

Kekurangan nutrisi pada saat hamil dapat berbahaya bagi Bunda dan bayi di kandungan Ada beberapa gangguan kesehatan yang mungkin terjadi jika kekurangan nutrisi ketika hamil.

buah yang baik dikonsumsi ibu hamilbuah yang baik dikonsumsi ibu hamil/ Foto: thinkstock
"Seperti defisiensi zinc dan magnesium yang dapat menyebabkan preeklampsia dan kelahiran prematur, defisiensi zat besi dan vitamin B12 dapat menyebabkan anemia, defisiensi vitamin K dapat menyebabkan perdarahan yang berlebihan saat melahirkan, asupan yodium yang tidak memadai selama kehamilan dapat menyebabkan keguguran atau bayi lahir mati dan kekurangan vitamin A bisa menyebabkan rabun senja," ujar dokter spesialis kebidanan dan kandungan, dr Bram Pradipta, SpOG beberapa waktu lalu.

(rdn/rdn)
Share yuk, Bun!
Rekomendasi