nutrisi

Sudahkah si Kecil Makan Buah Tiap Hari?

Joko Supriyanto 22 Agu 2017
Ilustrasi anak makan buah/ Foto: Hassan/detikcom Ilustrasi anak makan buah/ Foto: Hassan/detikcom
Jakarta - Bunda, apakah si kecil sudah makan buah setiap hari? Meskipun rasanya segar, tapi nggak semua anak suka dan terbiasa makan buah setiap hari, nih. Penyebabnya banyak sih, dari nggak terbiasa sampai karena kita sebagai orang tua lupa membeli buah-buahan.

Padahal buah berperan penting dalam kesehatan ya. Jadi nggak cuma buat kita yang dewasa aja, tapi juga penting buat anak-anak.

Dilansir Healthy-Kids, Pedoman Diet Australia menganjurkan untuk makan berbagai buah setiap hari. Jadi sebelum memakan makanan utama atau makanan ringan seperti kue, keripik, biskuit, permen dan cokelat, ada baiknya kita biasakan si kecil memilih makan buah terlebih dahulu. Soalnya ini dapat membantu mencukupi kebutuhan ekstra nutrisi. Oh, iya, jangan sampai salah kaprah ya, Bun, makan buah hendaknya sebelum makan makanan utama, bukan setelahnya.

Baca juga: Cara Jitu Agar Anak Doyan Makan Sayur dan Buah

Penelitian menunjukkan bahwa 93 persen anak usia empat sampai delapan tahun terbilang rutin mengonsumsi buah utuh maupun jus buah. Namun, kebiasaan ini turun menjadi 61 persen saat usia anak bertambah.

Memang terasa ya, Bun ketika masih kecil kita masih suka makan buah karena orang tua selalu menyediakan utuk kita. Ketika sudah besar, pola makan hampir kurang terjaga sampai-sampai sehari bisa saja tidak makan buah karena saking sibuknya dengan aktivitas dan hanya makan berat saja. Makannya, Bun, sejak dini terapkan si kecil sehari untuk memakan buah agar besar nanti menjadi suatu kebiasaan baginya.

Baca juga: Ada Nggak Sih Buah dan Sayur yang Perlu Dihindari Bayi?

"Buah menyediakan vitamin, mineral, serat makanan dan banyak fitonutrien (nutrisi alami yang ada pada tanaman) yang membantu tubuh Bunda dan anak tetap sehat. Karena buah relatif berpengaruh terhadap banyak makanan lainnya, termasuk dapat membantu mencegah kenaikan berat badan yang berlebihan," kata tim penulis NHMRC-Pedoman Diet Australia.

Manfaat penting lainnya dari mengonsumsi buah antara lain dapat membantu melindungi dari penyakit kronis seperti penyakit jantung, stroke dan beberapa jenis kanker.

Kebutuhan Buah bagi si kecil juga ternyata beragam. Anak usia 2-3 tahun cukup mengkonsumsi 1 buah per harinya. Lalu anak usia 4-8 tahun memerlukan 1 1/2 buah per hari, dan anak usia 9-18 tahun memerlukan 2 buah per harinya.

Baca juga: Kelebihan Buah Segar Dibanding Jus Buah

Yuk, kita pastikan si kecil sudah makan buah setiap hari. (jos/vit)
Share yuk, Bun!
Rekomendasi