kehamilan

Alasan Kenapa Penting Minum Susu di Saat Persiapan Hamil

Nabila Nufianty Putri Selasa, 16 Okt 2018 - 09.43 WIB
Ilustrasi Susu Kehamilan/Foto: shutterstock Ilustrasi Susu Kehamilan/Foto: shutterstock
Jakarta - Bunda sedang merencanakan program hamil? Persiapkan segala kebutuhan dengan tepat ya, Bun. Termasuk susu persiapan kehamilan.

Susu persiapan kehamilan penting untuk menjaga sistem reproduksi Bunda dengan baik. Sebaiknya, susu ini dikonsumsi 3-4 bulan sebelum konsepsi. Hal tersebut penting demi memastikan kondisi tubuh siap untuk proses tumbuh kembang janin yang akan dikandung Bunda.


Head of Medical Kalbe Nutritionals, dr. Muliaman Mansyur, mengungkapkan penting untuk mempersiapkan masa kehamilan. Misalnya mempersiapkan fisik, mental, dan kebutuhan nutrisi.

Ilustrasi hamilIlustrasi hamil Foto: thinkstock



Selain itu Bun, persiapkan juga kebutuhan nutrisi dengan tepat. Pada periode persiapan kehamilan, nutrisi yang tepat akan menjadi landasan kondisi Bunda saat hamil, termasuk kondisi bayi yang akan dilahirkan.

"Nutrisi yang sangat penting dikonsumsi sebelum kehamilan, seperti zinc atau seng. Nutrisi ini sangat penting untuk pematangan folikel ovum, membantu perjalanan ovum atau sel telur ke tempat ditanamnya janin, serta mengatur hormon agar terjadi kehamilan. Asam folat mencegah kecacatan pada janin, zat besi dan kalsium mencegah terjadinya keguguran di awal konsepsi," ujar dr. Muliaman kepada HaiBunda, Selasa (16/10/2018).


dr. Muliaman mengatakan bahwa sebuah penelitian menyebutkan pemberian antioksidan dan vitamin D dapat membantu dan mempersiapkan organ reproduksi untuk siap hamil. Asupan makronutrisi seperti karbohidrat, protein, dan makanan rendah lemak juga penting dikonsumsi menjaga berat badan yang ideal.

Bunda bisa mendapatkan semua kandungan tersebut pada PRENAGEN esensis yang berperan menopang janin saat kehamilan dan mendukung kesehatan Bunda.

(ega/ziz)
Share yuk, Bun!
Rekomendasi