sign up SIGN UP search


kehamilan

Waktu Terbaik Minum Susu Saat Hamil

Dwi Indah Nurcahyani Rabu, 06 May 2020 09:13 WIB
Pregnant woman drinking glass of milk copy space. Young expectant lady enjoying healthy drink. Healthcare, nutrition, vitamins, pregnancy concept caption
Jakarta - Menjaga kesehatan selama kehamilan penting dilakukan para ibu hamil. Selain mengonsumsi asupan seimbang, yang tak boleh terlupakan yakni minum susu, Bun.

Susu menjadi salah satu minuman paling bergizi karena dipenuhi dengan nutrisi A, B1, B2, B12, dan D, kalium serta magnesium. Asupan ini tentunya menjadi salah satu sumber protein terbaik untuk Bunda selama kehamilan.


Susu pun dianggap sebagai makanan lengkap karena kaya akan protein, lemak, karbohidrat, dan semua vitamin serta mineral penting untuk mempertahankan dan menjaga kesehatan.


Ibu hamil yang ingin minum susu, sebaiknya menyesuaikan dengan waktu yang tepat, Bun. Pakar Ayurvedic (pakar pengobatan tradisional dari India) Dr Ashutosh Gautam, mengatakan bahwa ibu hamil yang menginginkan susu untuk membangun tubuh maka dapat mengonsumsinya di pagi hari.

Sementara untuk manfaat lainnya seperti dapat membuat tidur lebih baik dan meningkatkan memori dapat mengonsumsi susu di malam hari.

Waktu Terbaik Minum Susu Saat HamilSusu ibu hamil/ Foto: iStock

"Sebagai salah makanan terbaik, ada baiknya meminumnya setiap hari dan tidak ada waktu khusus yang ditetapkan. Tetapi, waktu terbaik sering dianggap dari malam hingga waktu tidur," ujar Gautam dikutip dari laman Foodndtv.

Ditambahkan Gautam, namun biasanya ada sebagian orang yang menghindari mengonsumsi susu di pagi hari. Menurut kepercayaan kuno, susu yang dikonsumsi tepat di pagi hari memang menjadi sangat berat untuk dicerna serta membuat Bunda jadi lesu.

Bahkan, ada juga yang memulai hari dengan rutinitas olahraga di pagi hari, sebagian orang yang mengonsumsi susu sering mengeluhkan memiliki keasaman. Sehingga, tak sedikit yang menghindarinya minum susu di pagi hari.

Melansir Parentingfirstcry, bagi Bunda yang ingin mengonsumsinya di malam hari, ada baiknya tidak meminumnya setelah makan. Bunda dapat minum susu hangat dengan madu sebelum tidur untuk mendapatkan kualitas tidur yang lebih baik, dan mempertahankan kadar gula darah yang optimal di malam hari.


Dan, apa pun jenis susu yang Bunda putuskan untuk dikonsumsi, pastikan mengonsumsinya dengan jumlah yang tepat sehingga dapat memberikan semua nutrisi penting yang dibutuhkan bayi demi perkembangan yang sehat.

Semoga membantu, Bun!

Gejala preeklampsia pada ibu hamil yang wajib Bunda tahu, bisa dilihat dalam video berikut:

[Gambas:Video Haibunda]



(rap/rap)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi