kehamilan

3 Penyebab Hamil Kedua Lebih Berat Seperti Carrie Underwood

Asri Ediyati Jumat, 19 Okt 2018 - 14.26 WIB
3 Penyebab Hamil Kedua Lebih Berat Seperti Carrie Underwood/ Foto: Frazer Harrison/Getty Images 3 Penyebab Hamil Kedua Lebih Berat Seperti Carrie Underwood/ Foto: Frazer Harrison/Getty Images
Nashville - Tak semua ibu merasa lebih nyaman saat hamil anak kedua atau berikutnya. Ada juga yang justru merasa lebih berat dari kehamilan pertama. Seperti penyanyi Carrie Underwood yang mengaku kehamilan kedua lebih berat. Hmm, kenapa ya?

"Ini jelas berbeda dari yang pertama kali. Ketika mereka mengatakan setiap kehamilan berbeda, itu benar. Hanya gejala yang berbeda. Aku merasa seperti ini hanya sedikit lebih berat di tubuhku untuk beberapa alasan," kata Carrie Underwood kepada Entertainment Tonight di 2018 CMT Artists of The Year di Nashville, baru-baru ini.

Carrie Underwood juga mengungkapkan dia mengalami tiga keguguran sebelum kehamilan yang dia umumkan pada bulan Agustus.

Pernah mengalami hal yang sama dengan Carrie Underwood, Bun? Ya, setiap kehamilan memang berbeda. Jika memang Bunda merasakan kehamilan kedua lebih berat, tenang banyak yang mengalaminya juga kok. Ada beberapa penyebabnya.


3 Penyebab Hamil Kedua Lebih Berat Seperti Carrie Underwood3 Penyebab Hamil Kedua Lebih Berat Seperti Carrie Underwood/ Foto: shutterstock

1. Prioritas berbeda

Yang pertama prioritas kita ketika hamil anak pertama dan kedua jelas berbeda. Sang ibu harus mengurus anak pertama dan kehamilannya. Jelas keduanya membuat ibu kelelahan jika dilakukan dalam waktu yang bersamaan. Terlebih fisik ibu hamil nggak sebaik saat nggak hamil.

"Seperti perubahan pekerjaan, menambah stres yang mungkin dirasakan dalam berbagai cara. Ini lebih sulit untuk tubuh ibu," kata Christine Greves MD dari Winnie Palmer Hospital for Women and Babies, dikutip dari Self.

2. Perubahan fisiologis

"Ada juga beberapa alasan fisiologis bahwa kehamilan kedua mungkin terasa lebih berat daripada yang pertama. Tubuh seorang ibu berubah dan fluktuasi hormon yang terjadi secara bervariasi di kehamilan," ujar Jennifer Wider, MD.

3. Kekuatan otot perut berbeda

Beberapa orang juga merasa lebih berat di kehamilan kedua mereka bahkan pada trimester awal. Ini karena otot perut lebih kuat saat kehamilan pertama, rahim tidak goyah, di dalam panggul.

"Dengan bayi kedua, otot-otot telah direntangkan sehingga rahim 'muncul lebih cepat," ujar Yvonne Bohn MD, seorang dokter kandungan di Pusat Kesehatan Providence Saint John, Santa Monica, California.

(aci/nwy)
Share yuk, Bun!
Rekomendasi