kehamilan

7 Manfaat Prenatal Yoga yang Bunda Perlu Tahu

Safira Raudhatul Selasa, 23 Okt 2018 - 18.35 WIB
Ilustrasi prenalat yoga/ Foto: thinkstock Ilustrasi prenalat yoga/ Foto: thinkstock
Jakarta - Olahraga penting banget buat ibu hamil untuk menjaga kesehatan ibu dan calon bayi. Nah, salah satu olahraga yang bisa Bunda lakukan ketika hamil adalah prenatal yoga. Olahraga ini bisa Bunda lakukan di awal kehamilan tapi sebelumnya konsultasi dulu dengan dokter ya, Bun.

Kata instruktur yoga, Jo Grooms mengatakan manfaat prenatal yoga pada ibu hamil bisa membantu perengangan dan pelonggaran otot selama persalinan. Kemudian, ibu hamil yang berlatih prenatal yoga tingkat stresnya bisa berkurang. Bila diakukan secara teratur, prenalat yoga bisa memperlambat perubahan selama kehamilan.

"Prenatal yoga juga bisa membantu mengurangi tekanan darah, memperbaiki kualitas tidur dan sistem pencernaan dan memperkuat otot dan sendi," kata Jo dilansir Essential Baby.

Menurut Liz Owen selaku prakitisi olahraga yoga dan Co-Author 'Yoga for a Healthy Lower Back: A Practical Guide to Ddeveloping Strrength and Relieving' ada 7 manfaat prenatal yoga seperti dikutip dari Parents:

1. Tubuh mendapat banyak dukungan

Menurut Jane Austin, instruktur yoga pra dan pascakelahiran dan pendiri sekolah Yoga Prenatal Mama Tree, saat hamil Bunda bisa mengalami berbagai perubahan pada tubuh. Nah, prenatal yoga membantu merenggangkan otot-otot dan memperkuat bagian bawah tubuh untuk mempermudah proses melahirkan.



2. Mengencangkan otot

Dengan mengikuti prenatal yoga, otot jadi lebih kencang dan kuat. Ini berguna untuk membantu melancarkan persalinan. Ada beberapa gaya pada yoga yang dapat membantu menimalisir rasa sakit dan nyeri misalnya lunges dan backbends.

3. Mempersiapkan persalinan

"Tujuan utama prenatal yoga yakni membantu memperlancar persalinan. Metode pernapasan pada yoga prenatal bisa membuat ibu lebih santai dan tenang saat persalinan," ujar Liz.

Ilustrasi prenatal yogaIlustrasi prenatal yoga/ Foto: thinkstock
4. Bunda lebih banyak berkomunikasi dengan anak

Ada gerakan saat prenatal yoga yang bisa mendekatkan calon ibu dengan si kecil yaitu hero pose. Bunda duduk tegak dengan bertumpu pada tumit, meregangkan tulang belakang lalu bernapas dalam-dalam. Dengan pose ini Bunda bisa merasakan gerakan bayi di perut.

5. Bantu kurangi keluhan kehamilan

Dengan mengikuti kelas prenatal yoga keluhan saat hamil seperti sakit di punggung bawah, mual, insomnia, sakit kepala, sesak napas dan sindrom karpal bisa berkurang. Selain itu dengan yoga Bunda pun bisa lebih rileks.

6. Kurangi risiko melahirkan prematur

Menurut studi tahun 2015 di Journal Of Alternative and Complementary, ibu hamil yang melakukan yoga selama masa kehamilan cenderung berisiko lebih rendah melahikran prematur dan memiliki bayi dengan berat badan lahir rendah.

7. Berkumpul dengan ibu hamil lainnya

"Biasanya yoga nggak dilakukan sendiri. Ibu pasti akan berkumpul dengan ibu lain. Nah, di sini ibu bisa sharing pengalaman hamil dan bertukar pikiran," kata Liz.

(rdn/rdn)
Share yuk, Bun!
Rekomendasi