kehamilan

Alasan Ilmiah Badan Ibu Hamil Pegal Seperti Nikita Mirzani

Asri Ediyati Jumat, 30 Nov 2018 - 15.01 WIB
Alasan Ilmiah Badan Ibu Hamil Pegal Seperti Nikita Mirzani/ Foto: Instagram/NikitaMirzaniMawardi_17 Alasan Ilmiah Badan Ibu Hamil Pegal Seperti Nikita Mirzani/ Foto: Instagram/NikitaMirzaniMawardi_17
Jakarta - Hamil trimester pertama merupakan masa penyesuaian, karena janin sedang tumbuh di dalam rahim. Sebagian ibu hamil merasakan morning sickness, dengan mengalami mual dan muntah. Seperti dirasakan aktris dan presenter, Nikita Mirzani Mawardi.

Saat kehamilannya menginjak usia tiga bulan, Nikita mengaku anaknya sehat dan aktif. Namun, Nikita jika lebih sering mengalami pegal dan linu di bagian perut. "Dia banyak gerak di dalam makanya, suka linu-linu perutnya," ungkap Nikita Mirzani dikutip dari detikcom.

Bunda mengalami hal yang sama dengan Nikita Mirzani? Tenang, Bunda nggak sendirian. Saat trimester pertama kehamilan, ada beberapa hal yang bakal dirasakan ibu hamil, salah satunya badan pegal linu.

Badan pegal linu merupakan respons tubuh yang lelah. Kelelahan sendiri merupakan gejala umum yang dirasakan ibu hamil. Meskipun pengalaman masing-masing ibu cenderung bervariasi, sebagian besar wanita akan merasa lebih lelah dari biasanya selama kehamilan.

Alasan Ilmiah Badan Ibu Hamil Pegal Seperti Nikita MirzaniAlasan Ilmiah Badan Ibu Hamil Pegal Seperti Nikita Mirzani/ Foto: Instagram/NikitaMirzaniMawardi_17


Pegal selama kehamilan, merupakan hal yang umum terjadi selama trimester pertama. Perubahan hormon di awal kehamilan, menjadi penyebab tubuh sering merasa kelelahan. Biasanya akan hilang selama trimester kedua. Namun, ada juga yang akan merasakan kembali di trimester ketiga.

"Tubuh menghasilkan lebih banyak darah untuk membawa nutrisi ke bayi yang sedang tumbuh. Kadar gula darah dan tekanan darah juga lebih rendah. Hormon, terutama peningkatan kadar progesteron membuat ibu hamil mengantuk. Selain perubahan fisik yang terjadi di tubuh, perubahan emosional dapat berkontribusi pada penurunan energi," tulis American Pregnancy Association (APA).

Perubahan hormonal menjadi kontributor utama yang menyebabkan badan pegal linu dan mudah capek saat kehamilan, Bun. Buat Bunda yang sedang hamil, selama menikmati kehamilan ya.


(aci/rap)
Share yuk, Bun!
Rekomendasi