kehamilan

Amankah Ibu Hamil Makan Sarden?

Radian Nyi Sukmasari Rabu, 09 Jan 2019 - 16.03 WIB
Ilustrasi sarden/ Foto: Istock Ilustrasi sarden/ Foto: Istock
Jakarta - Ibu hamil disarankan banget makan ikan karena ikan kaya akan asam lemak omega-3, protein dan zat yang penting bagi ibu hamil. Tapi, gimana dengan konsumsi sarden bagi ibu hamil?

Tenang, Bun. Ikan seperti sarden baik dikonsumsi, apalagi dengan kandungan gizinya yang kaya seperti omega-3, mineral, protein dan zat besi. Ya, ibu hamil memang disarankan mengonsumsi ikan matang. Ada tujuh ikan yang baik dikonsumsi ibu hamil, nih.

1. Sarden: sumber kalsium dan omega-3

2. Trout: sumber vitamin B12

3. Tiram: kaya akan zinc dan omega-3

4. Atlantic mackerel: kaya akan vitamin B6, selenium, dan vitamin B12

5. Ikan harring: kaya akan DHA dan EPA

6. Teri: tinggi kalsium dan sumber omega-3 yang baik

7. Salmon: kaya akan asam lemak omega-3


"Untuk konsumsi ikan termasuk sarden, The Food and Drug Administration (FDA) and The Environmental Protection Agency (EPA) merekomendasikan ibu hamil konsumsi 340 gram ikan per minggu untuk mengoptimalkan pertumbuhan otak bayi," kata FDA dilansir situs resminya.

Ilustrasi sardenIlustrasi sarden/ Foto: Istock
Namun, sebaiknya ibu hamil menghindari konsumsi ikan yang dicurigai mengandung merkuri tinggi. Nggak cuma itu, Bun. Lebih baik ibu hamil menghindari olahan ikan mentah, ikan marlin, hiu, dan todak.

Kepada HaiBunda beberapa waktu lalu, Dr dr Budi Iman Santoso, SpOG(K), MARS, dari RS YPK Mandiri, mengatakan bahwa konsumsi ikan kalengan pada ibu hamil pada prinsipnya ada dua hal yang perlu diperhatikan. Pertama, sudah lolos uji dari Badan POM dan nggak lewat tanggal kedaluwarsa. Untuk pengolahannya sudah pasti akan lebih baik kalau dimasak lebih dulu, dan pastikan matang sebelum dikonsumsi.

"Pada ibu hamil akan lebih baik kalau memperbanyak konsumsi ikan segar ketimbang ikan kalengan. Sudah pasti nutrisi dan gizinya lebih baik ikan segar dong. Prinsipnya semua jenis ikan, ibu hamil boleh makan. Cuma tadi, cara mengolahnya baik sekali kalau dimasak sampai matang ya," ujar dr Budi.

Sedangkan, ikan kalengan seperti sarden prinsipnya aman dikonsumsi. Tapi ingat, Bun, pengolahannya harus benar-benar matang ya.


(rdn/muf)
Share yuk, Bun!
Rekomendasi