kehamilan

Kalimat Menyentuh Hanif Dhakiri tentang Perjuangan Ibu Melahirkan

Radian Nyi Sukmasari Jumat, 08 Mar 2019 - 08.02 WIB
Menaker Hanif Dhakiri/ Foto: Agung Pambudhy Menaker Hanif Dhakiri/ Foto: Agung Pambudhy
Jakarta - Kebahagiaan tengah menyelimuti Menteri Tenaga Kerja (Menaker) Hanif Dhakiri. Dia baru saja menyambut anak keempat yang merupakan putra pertamanya pada Senin (4/3). Bayi mungil itu diberi nama Nibras Setia Izzata. Hanif lantas menuliskan kata-kata manis tentang proses melahirkan.

Sebelumnya, di akun Instagram pribadinya Hanif mengucapkan terima kasih pada sang istri, Marifah yang akrab disapa Iffah atas kesabarannya dalam mengandung, melahirkan dan membesarkan anak-anak mereka. Hanif Dhakiri juga menyampaikan terima kasih untuk semua cinta dan empat anak yang luar biasa.

"Melahirkan itu berat, sakit, biar kaum ibu saja. Bersyukurlah kaum bapak yang tidak diberi tugas Tuhan untuk melahirkan. Kita yang menyaksikan saja ngilu, apalagi yang menjalaninya. Perjuangan kaum ibu luar biasa, taruhannya nyawa," tutur Hanif Dhakiri.

Istri Hanif Dhakiri melahirkanIstri Hanif Dhakiri melahirkan /Foto: Instagram @hanifdhakiri

"Maka para suami, cintai dan sayangi istrimu. Pada mereka yang menjadi anak, cintai dan hormati ibumu. Anak tak kan pernah bisa membalas jasa ibunya, tapi ia bisa membahagiakan sang ibu saat ini. Jangan tunda, jangan pernah menunda-nunda," lanjutnya.

Enggak cuma itu, Bun, Hanif juga menyampaikan harapannya semoga Nibras dan tiga kakak perempuannya jadi anak-anak saleh, berguna bagi keluarga, agama, bangsa dan negara, serta berkah dan selamat dunia akhirat. Sebuah pesan juga disampaikan Hanif untuk keempat anaknya.

"Buat anak-anakku, kalian boleh membantahku, tapi jangan pernah sedikitpun kalian membantah ibumu, berkata kasar pada ibumu, apalagi menyakiti hatinya. Surgamu ada di telapak kaki ibumu. Restu ibu restu Allah, Tuhanmu. Catat baik-baik agar hidupmu tenang, bahagia dan penuh berkah," katanya.

Saat di RS, si kecil Nibras juga dijenguk oleh Menteri Keuangan Sri Mulyani. Si Ibu Menkeu rupanya kagum dengan ketampanan Nibras, Bun. He-he-he. Bahkan, kata Sri Mulyani Nibras tampak seperti anak yang sudah besar.

"Cakepnya. Kayak orang gede mukanya. Kamu mau ngitung duit negara enggak? Yuk, tak (saya) ajakin yuk. Kamu mau enggak?" seloroh Sri Mulyani.

[Gambas:Instagram]


Bicara proses melahirkan, masing-masing ibu akan memiliki pengalaman berbeda. Namun, satu hal yang tak boleh dilupakan adalah dukungan suami ketika istri bersalin. Dalam bukunya Conception, Pregnancy, and Birth, pakar parenting dr Miriam Stoppard, mengungkapkan hal-hal yang terdengar sepele tapi ketika dilakukan suami saat istrinya melahirkan, ini bisa jadi dukungan yang berarti, yaitu:

1. Bantu istri merasa nyaman sebelum dan sesudah melahirkan, termasuk ketika istri sudah mulai kontraksi.
2. Sabar saat istri marah atau berteriak selama proses persalinan
3. Bantu istri cari posisi yang nyaman saat melahirkan
4. Beri tahu saat kepala bayi muncul
5. Nikmati momen bersama istri setelah si kecil lahir.

[Gambas:Video 20detik]

(rdn/rdn)
Share yuk, Bun!
Rekomendasi