kehamilan

Tanda Mau Melahirkan: Posisi Kepala Bayi Mulai Bergeser ke Bawah

Maya Sofia Jumat, 19 Jul 2019 13:40 WIB
Tanda Mau Melahirkan: Posisi Kepala Bayi Mulai Bergeser ke Bawah
Jakarta - Tahukah Bunda kalau salah satu tanda mau melahirkan adalah posisi kepala bayi mulai bergeser ke bawah. Saat bayi mencapai kematangan penuh pada usia sekitar 37 pekan, ia biasanya menjadi lebih berat dan mengarahkan kepala ke bawah.

Mengutip buku Dahsyatnya Hamil Sehat & Normal dengan dr.Fredrico Patria, Sp.OG sebagai supervisi ahli, posisi kepala bayi mulai bergeser ke bawah adalah tanda bahwa bayi sudah menuju ke pintu rahim. Bunda bisa merasakannya karena perut bagian atas terasa kosong.

Dalam buku Pregnancy Questions & Answers dijelaskan bahwa letak bayi dalam rahim jelang melahirkan dapat memengaruhi progres dan lamanya persalinan. Idealnya, bayi terletak dalam posisi ke bawah dan menghadap tulang belakang bunda.


Posisi tersebut biasanya disebut sebagai posisi anterior. Bayi pas dengan lengkung panggul sehingga mudah bergerak ke bawah dalam persalinan.

Saat bayi tidak di bagian dasar panggul, kepalanya berputar sehingga bagian terbesar kepala sejajar dengan bagian terlebar panggul. Sementara bagian belakang kepala bayi bisa bergeser di bawah tulang pubis.

Kemudian ketika lahir, wajah bayi menyapu perineum yang merupakan jaringan antara bagian belakang vagina dan anus.

Posisi bayi mulai bergeser ke bawah adalah tanda mau melahirkan. (Foto: iStock)

Meski demikian, tak semua bayi berada dalam posisi anterior. Ada juga yang disebut posterior, Bun.

Posterior adalah saat bayi berada dalam posisi kepala ke arah tulang belakang Bunda. Dekatnya tulang tengkorak bayi dengan tulang belakang ini bisa terasa sangat tidak nyaman bagi Bunda.

Posisi posterior tersebut biasanya terjadi karena gaya hidup Bunda sendiri. Saat bekerja depan komputer atau di sofa menonton televisi, panggul Bunda condong ke belakang. Ketika panggul condong ke belakang, bagian terberat bayi yang adalah bagian belakang kepala dan punggungnya juga akan cenderung berayun ke belakang.

Lalu bagaimana cara membuat bayi dalam posisi anterior? Pastikan lutut Bunda selalu lebih rendah dari pinggul saat duduk ya. Bunda bisa menggunakan bantal untuk mengangkat bokong dan menurunkan lutut.

Selamat mencoba ya, Bun. Semoga persalinan nanti berjalan lancar dan cepat.

Bunda juga bisa mencoba pijatan lembut sebelum melahirkan. Lihat videonya berikut:

[Gambas:Video Haibunda]

(som/rap)
Share yuk, Bun!
Artikel Terkait

Rekomendasi