sign up SIGN UP search


kehamilan

Panduan dan Persiapan Mengejan yang Tepat Saat Melahirkan Menurut Dokter

Annisa Karnesyia Rabu, 23 Dec 2020 11:55 WIB
Team of doctors and nurses wear masks and gloves and prepare for surgery. caption
Jakarta -

Persiapan fisik dan mental dibutuhkan ibu saat proses persalinan. Tenaga yang cukup juga dibutuhkan agar ibu bisa mengejan dengan tepat, Bunda.

Mengejan dilakukan ketika kepala bayi sudah di bawah atau pembukaan sudah lengkap. Menurut dokter kandungan dari Rumah Sakit Dr. Cipto Mangunkusumo (RSCM), dr. Ilham Utama Surya SpOG, sebelum mengejan ibu akan merasakan tanda-tanda pembukaan.

"Tanda-tandanya ada pembukaan, perineum menonjol, dorongan ingin mengejan, dan ada dorongan pada anus. Nah, itu baru kita melakukan mengejan dengan tujuan untuk mengeluarkan bayi dari saluran reproduksi," kata Ilham kepada HaiBunda, belum lama ini.


Mengejan terjadi ketika ada gabungan dari tekanan abdomen, kontraksi otot polos yang ada di rahim, dan tekanan hidrostatik di cairan ketuban. Proses ini membuat bayi mampu melewati sumbu jalan lahirnya, Bunda.

"Mengejan yang benar itu, bayi sudah di dasar panggul lalu seluruh tenaga dikeluarkan. Kalau mengejan cuma di tenggorokan, itu artinya dia tidak melakukan dorongan ke intra abdominal, sehingga tenaganya kurang untuk mendorong bayi keluar," ucap Ilham.

Persiapan Mengejan

1. Ibu harus cukup makan untuk menyiapkan energi. Selain itu, ibu membutuhkan oksigen untuk membakar energi supaya bisa mengejan karena kebutuhan glukosa bisa hilang dengan cepat. Makanan penambah energi yang dikonsumsi sebelum persalinan biasanya adalah susu dan teh manis.

2. Bila tidak terjadi kontraksi, ibu bisa bernapas seperti biasa. Namun, saat ada kontraksi, ritme napas bisa ditambah dari normalnya.

3. Dorongan untuk mengejan dilakukan seperti kita membuang napas. Kita tidak terus-menerus mendorong, tapi ada ritme atau irama. Jadi tarik napas, lalu buang. Nah, saat membuang napas, kita bisa mendorong.

4. Pahami prinsip atur napas. Saat inspirasi napas, ibu mengumpulkan tenaga dan saat ekspirasi napas, ibu mendorong atau mengeluarkan tenaga.

Ada kondisi yang perlu diwaspadai sebelum ibu melahirkan normal dan melakukan teknik mengejan. BACA HALAMAN BERIKUTNYA untuk tahu kondisi tersebut ya, Bunda.

Simak juga teknik pijatan lembut yang bisa dilakukan sebelum melahirkan, di video berikut:

[Gambas:Video Haibunda]

Banner YouTube Sacha
(ank/rap)
Kondisi yang Perlu Diwaspadai
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!

Rekomendasi