kesehatan

Pertumbuhan Gigi Anak yang Optimal Ditentukan Sejak di Kandungan

Radian Nyi Sukmasari 05 Sep 2017
Pertumbuhan gigi anak ditentukan sejak hamil/ Foto: Ari Saputra Pertumbuhan gigi anak ditentukan sejak hamil/ Foto: Ari Saputra
Jakarta - Memang, gigi anak umumnya tumbuh saat umurnya 6 bulan. Tapi tahu nggak, Bun kalau masa-masa bakal terbentuknya gigi anak udah dimulai sejak calon bayi ada di perut kita, lho.

Seperti kata drg Andria Diarti SpKGA dari RS Premiere Jatinegara, gigi bayi sudah dibentuk dari usia kehamilan 6 minggu. Makanya, kalau ibu hamil kekurangan nutrisi, terutama kalsium, bisa ada gangguan pas gigi anak nanti tumbuh, Bun.

Idealnya, saat terjadi erupsi, di mana gigi keluar menembus gusi, gigi bayi harusnya berwarna putih kayak porselen gitu, Bun. Tapi, ketika ada gangguan, gigi bayi yang tumbuh akan ada kayak spot berwarna putih kapur.

"Bahan utama gigi itu kan kalsium. Nah gigi udah dibentuk pas belum tunbuh. Jadi nggak tepat kalau baru dicukupi kebutuhan kalsium pas gigi mau tumbuh. Tapi, kita penuhi kebutuhan kalsium sejak hamil," kata drg Andria di sela-sela Forum Ngobras baru-baru ini.

Untuk itu, drg Andria bilang penting banget buat ibu hamil memenuhi kebutuhan kalsiumnya. Makanan yang mengandung kalsium tinggi misalnya susu, produk susu kayak keju dan yoghurt, lalu sayuran hijau kayak bayam dan brokoli juga, Bun.

Dikutip dari Web MD, U.S. Recommended Daily Allowance (USRDA) merekomendasikan konsumsi kalsium 1.000 mg per hari untuk ibu hamil dan menyusui. Konsumsi se-nggaknya empat porsi produk susu dan makanan kaya kalsium bisa bantu kita memehuhi kebutuhan kalsium.

Baca juga: Mana Lebih Berbahaya untuk Gigi Anak, Keripik atau Buah Kering?

Vitamin D bisa membantu tubuh menyerap kalsium. Makanya, konsumsi makanan kaya vitamin D kayak telur, susu dan ikan bisa bantu tubuh menyerap kalsium. Saat bunda hamil, kalsium penting untuk pertumbuhan bayi. Kalau jumlah kalsium yang didapat bayi kurang, dia akan menyerap kalsium dari tubuh Bunda. Bukan nggak mungkin, akan terjadi risiko osteoporosis. Untuk itu, penting banget nih kita penuhi kebutuhan kalsium selama hamil ya. Semangat, Bun!

Baca juga: Yuk! Kenalan dengan Bunda Azka, Penggagas 'TK Digital'


(rdn/vit)
Share yuk, Bun!
Rekomendasi