kesehatan

Biar si Kecil Nggak Cacingan, Yuk Biasakan Cuci Tangan

Amelia Sewaka 12 Okt 2017
Ilustrasi cuci tangan pakai sabun/ Foto: Getty Images Ilustrasi cuci tangan pakai sabun/ Foto: Getty Images
Jakarta - Masyarakat kita sekarang ini cenderung melupakan hal sesederhana cuci tangan nih, Bun. Padahal dengan menyebarkan kebiasaan baik cuci tangan pakai sabun bisa menghindarkan diri dari penyakit, juga membiasakan perilaku hidup sehat di masyarakat.

dr Imran Agus Nurali SpKO dari Ditjen Pengendalian Penyakit dan Penyehatan Lingkungan Kemenkes mengatakan mencuci tangan bisa menurunkan penyakit diare sebanyak 45 persen. Selain itu, cuci tangan bisa menjaga lingkungan serta bisa mengurangi penyakit menular sebanyak 90 persen.

"Selain mencegah penyakit diare, ada juga mencegah penyakit lain seperti kecacingan, infeksi paru-paru, hepatitis, tifoid dan penyakit lainnya yang menular lewat tangan. Hal ini bisa dicegah hanya dengan perilaku sederhana cuci tangan," tutur dr Imran.

Hal itu disampaikan dia dalam peringatan Hari Cuci Tangan Sedunia 2017 'Tepuk Sehat Indonesia' yang digelar Lifebuoy di SDN 03 Pagi Menteng, Jakarta Pusat, Kamis (12/10/2017).

Peringatan hari cuci tangan sedunia/Peringatan hari cuci tangan sedunia/ Foto: Amelia Sewaka
Nah, edukasi pada anak untuk mengajarkan cara melindungi diri dari kuman harus dilakukan sedini mungkin. "Mencuci tangan merupakan kebiasaan yang bagus, apalagi jika ditanamkan sejak dini. Itu merupakan salah satu perilaku PHBS atau Perilaku Hidup Sehat dan bersih. Semua berawal dari bersihnya cuci tangan," papar Ketua Penggerak PKK Nasional, dr Erni Guntarti Tjahjo Kumolo, dalam acara yang sama.

Baca juga: Kondisi Rumah Begini Bisa Bantu Cegah Asma Anak Kambuh

Kebiasaan cuci tangan sebaiknya nggak cuma diterapkan di sekolah, tapi juga di rumah dan di tempat-tempat lainnya. Maka itu, kita sebagai ibu perlu banget untuk selalu mengingatkan anak-anak dan keluarga agar cuci tangan pakai sabun.

Titi Kamal yang turut hadir dalam kegiatan itu mengatakan sangat mendukung program ini. "Acara ini bagus, karena bisa mengingatkan saya dan ibu lainnya agar lebih memperhatikan keluarga secara detail, dimulai dari yang sederhana," ungkap Titi.

Yuk, Bun, selalu ingatkan si kecil cuci tangan sebelum dan sesudah makan. Jangan lupa juga kalau anak sudah selesai bermain, ingatkan juga untuk cuci tangan ya.

Baca juga: Hii! Eksperimen Ini Tunjukkan Pentingnya Cuci Tangan Sebelum Makan

(aml/vit)
Share yuk, Bun!
Rekomendasi