sign up SIGN UP search


parenting

Hari Cuci Tangan Sedunia, Ini 3 Tips Membiasakan Anak Cuci Tangan Pakai Sabun

Annisa Karnesyia Jumat, 15 Oct 2021 07:25 WIB
Happy woman washing hands with her daughter Ilustrasi anak cuci tangan/ Foto: iStock/Getty Images/RgStudio
Jakarta -

Hari Cuci Tangan Sedunia diperingati setiap tanggal 15 Oktober. Di masa pandemi ini, cuci tangan menjadi aktivitas penting untuk anak yang mulai masuk sekolah.

Dokter Spesialis Anak dr. Kanya Ayu Paramastri, SpA, mengatakan bahwa cuci tangan dengan sabun bisa melindungi anak dari COVID-19. Tak hanya itu, cuci tangan yang benar juga dapat mencegah anak terpapar sakit lainnya, Bunda.

"Cuci tangan dengan menggunakan sabun dan air tidak hanya membunuh virus COVID, tapi juga mencegah penularan penyakit lain, seperti diare, pneumonia, dan Hepatitis A. Apalagi pneumonia dan diare ini adalah penyebab kematian terbesar anak balita di Indonesia," kata Kanya, dalam Webinar: Peringatan Hari Cuci Tangan Sedunia 2021 bersama Lifebuoy via Zoom, Kamis (14/10/21).


Bagi anak yang sudah mulai ikut pembelajaran tatap muka (PTM) terbatas, Bunda perlu menerapkan protokol kesehatan dengan ketat. Selain itu, biasakan anak cuci tangan dengan sabun di air mengalir minimal 20 detik ya.

Banner Pekerjaan Paling Dicari di Jerman

Selama masa pandemi ini, PTM menjadi kegiatan penting untuk tumbuh kembang anak sesuai usianya. Namun, PTM tidak akan berjalan baik bila orang tua tidak ikut berpartisipasi melindungi anak dari COVID-19.

"Kita perlu melepaskan anak kalau memang dia perlu sekolah. Tapi, pencegahan penting untuk terus dilakukan. Selain memakai masker, aktivitas kunci yang tak kalah penting yakni mencuci tangan dengan sabun di air mengalir," ujar Kanya.

Ingat ya, cuci tangan yang baik adalah dengan sabun dan di bawah air mengalir. Kenapa?

Kanya menjelaskan bahwa sabun mengandung satu senyawa yang mirip lemak, yang disebut amphiphiles. Saat tangan bersentuhan dengan virus, senyawa tersebut akan menarik dinding lemak virus sampai rusak.

Dinding lemak yang ditarik akan menghancurkan virus. Nah, virus tersebut lalu akan dibuang bersama air mengalir ketika Si Kecil cuci tangan.

Kanya menekankan bahwa mencuci tangan dengan sabun menjadi penting bila dilakukan dengan benar. Saat mengajarkan anak mencuci tangan, Bunda perlu mengetahui langkah tepatnya.

"Kita harus tahu caranya, waktu yang benar minimal 20 detik, dan menggunakan sabun," ungkap Kanya.

Lalu bagaimana cara orang tua membiasakan anak cuci tangan dengan sabun yang benar? Baca halaman berikutnya.

Simak juga 5 cara mengeluarkan dahak pada anak, dalam video berikut:

[Gambas:Video Haibunda]

TIPS AJARKAN ANAK CUCI TANGAN DENGAN SABUN YANG BENAR
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!

Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi
Pantau terus tumbuh kembang Si Kecil setiap bulannya hanya di Aplikasi HaiBunda!