kesehatan

Bocah 6 Tahun Ini Kejang Setelah Digigit Nyamuk

Asri Ediyati Rabu, 15 Agu 2018 - 09.00 WIB
Bocah 6 Tahun Ini Mengalami Kejang Setelah Digigit Nyamuk/ Foto: thinkstock Bocah 6 Tahun Ini Mengalami Kejang Setelah Digigit Nyamuk/ Foto: thinkstock
Asheville, North Carolina - Anak digigit nyamuk, umumnya hanya menimbulkan keluhan gatal dan bentol ya, Bun. Namun yang dialami anak enam tahun ini berbeda. Dia mengalami kejang setelah digigit nyamuk. Kok bisa ya?

Anak laki-laki bernama Noah Surrett itu dilarikan ke rumah sakit pada Sabtu (4/8) setelah mengalami pembengkakan di otak dan mengalami kejang-kejang. Rupanya ia terinfeksi gigitan nyamuk, Bun.

"Dia teriak kesakitan karena sakit kepala, dia seperti zombie. Itu sangat menakutkan dan saya tidak mau ada orang tua yang mengalami kejadian ini," kata ibu Noah, LoriAnne Surrett kepada WLOS.

LoriAnne juga memposting di Facebook untuk berbagi pengalamannya. Dia bercerita kejadian tersebut bermula sehari setelah Noah dan saudara-saudaranya pergi ke rumah kakek dan neneknya. LoriAnne mendapat kabar ada sesuatu yang nggak beres dengan perilaku Noah. Saat LoriAnne datang, bibir Noah membiru, matanya terbelalak dan kejang.

Noah langsung dilarikan ke rumah sakit dan para dokter mengambil sampel darah dan urine. Noah juga harus menjalani prosedur CT Scan, spinal tap dan rontgen dada. Ternyata, Noah sempat mengalami La Crosse encephalitis. Menurut LoriAnne, dia mengalami lacrosse encephalitis akibat infeksi virus yang disebabkan gigitan nyamuk. Infeksi ini juga membuat ada cairan di sekitar otak yang bikin Noah sakit kepala.




"Saat di rumah sakit, saya tidak yakin Noah bisa selamat, untungnya keadaan Noah berangsur pulih dengan cepat. Sampai tiba-tiba jam tiga dini hari, Noah duduk dan bisa berbicara dengan saya. Itu membuat kaget bukan main, Noah akhirnya siuman," kata LoriAnne dikutip dari Today.

Hingga hari ini Noah masih melakukan rawat jalan di rumah. Sembari menunggu sehat, ia nggak diperbolehkan keluar rumah. LoriAnne mengaku hari-hari saat pemulihan Noah amat berat, terutama saat malam hari. Noah terbangun dan menangis akibat mimpi buruk. Lalu, untuk meningkatkan kesadaran dan menolong orang tua lain, LoriAnne membuat halaman Go Fund Me.

"Saya ibu dari lima anak laki-laki dan saya sangat percaya semprotan serangga bisa mengusir serangga. Noah adalah anak kecil yang kuat dan kejadian ini menghancurkan hati kita semua. Saya tidak ingin melihat anak lain mengalami hal serupa seperti Noah. Kata tim medis, kondisi Noah seperti meningitis sehingga penanganannya sama. Usahakan pakai semprotan serangga untuk membantu anak-anak nggak digigit serangga terutama nyamuk," kata LoriAnne.

Dr Sapna Parikh berbicara dengan WSOC-TV tentang apa yang harus diwaspadai jika anak digigit oleh nyamuk. Jika dirasa anak terus-menerus sakit kepala dan nggak bisa diobati, serta lesu, lebih baik segera periksakan anak ke tenaga medis.

(rdn/vit)
Share yuk, Bun!
Rekomendasi