kesehatan

Kata Dokter Soal Susu Meningkatkan Produksi Lendir Saat Anak Pilek

Radian Nyi Sukmasari Rabu, 12 Sep 2018 - 06.55 WIB
Ilustrasi anak pilek minum susu/ Foto: Thinkstock Ilustrasi anak pilek minum susu/ Foto: Thinkstock
Jakarta - Saat anak pilek, peningkatkan lendir pastinya bikin mereka makin nggak nyaman. Untuk itu, nggak sedikit orang tua yang menghindari pemberian susu pada si kecil saat pilek karena khawatir produksi lendir akan meningkat.

Menanggapi hal ini, dokter spesialis THT anak dari Royal Brompton Hospital, London, Dr Ian Balfour-Lynn mengatakan sebuah survei di Amerika terhadap orang tua di klinik pernapasan menemukan 59 persen orang tua percaya minum susu bisa meningkatkan produksi lendir. Sedangkan 20 persen orang tua nggak yakin dengan hal itu dan 22 persen orang tua nggak percaya minum susu bisa meningkatkan produksi lendir saat anak pilek.

"Padahal, sudah banyak studi yang menunjukkan susu nggak memengaruhi produksi lendir. Susu nggak menyebabkan adanya ekstra produksi lendir ketika seseorang pilek atau mengalami gangguan pernapasan seperti asma," kata Ian kepada Today.

Justru, seperti kita tahu susu merupakan sumber kalsium, vitamin, dan kalori yang penting untuk anak-anak. Sehingga, kata Ian nggak ada alasan untuk anak stop minum susu saat pilek. Lalu, kenapa ketika minum susu mulut terasa berlendir?



"Ini hanya hasil interaksi enzim di mulut dengan susu. Mukosa di mulut menyebabkan emulsi untuk membentuk lendir sehingga volumenya meningkat dan mulut terasa lengket. Ini sering dirasa orang-orang sebagai produksi lendir ekstra," tambah Ian.

Dikutip dari Mayo Clinic, ahli penyakit infeksi, James M Steckelberg M.D bilang minum susu saat mengalami pilek juga batuk berdahak bisa saja bikin dahak lebih tebal dan tenggorokan makin nggak nyaman. Tapi ingat, Bun, susu nggak menyebabkan tubuh menghasilkan lebih banyak dahak. Apalagi, sebenarnya produk susu yang dingin bisa membantu membuat tenggorokan lebih nyaman dan memberi kalori saat anak tidak nafsu makan karena batuk.

(rdn/nwy)
Share yuk, Bun!
Rekomendasi