sign up SIGN UP search


parenting

Perbedaan Pilek dan Alergi pada Anak, Bunda Perlu Tahu

Annisa Karnesyia Sabtu, 09 Jan 2021 11:46 WIB
Cute asia children caption
Jakarta -

Memasuki musim hujan, anak rentan terkena pilek disertai batuk. Gejala ini terkadang sulit dibedakan dengan alergi, Bunda.

Pilek dan alergi memang memiliki gejala yang hampir sama pada anak-anak. Secara medis, kedua sakit ini dapat dibedakan dari rentang waktu terjadinya.

Dilansir WebMD, pilek cenderung hilang dalam dua minggu. Sementara alergi bertahan lebih lama dan bahkan bisa sepanjang tahun.


Alergi bisa dipicu oleh alergen, misalnya debu, hewan peliharaan, jamur, atau serbuk bunga. Alergen pemicu alergi ini bisa ditemui di sekitar anak setiap waktu, Bunda.

"Jika anak mengalami gejala pada waktu berbeda dalam sehari, ini bisa karena alergi. Saya selalu mencoba menghubungkannya dengan apa yang dilakukan anak-anak," kata Marc McMorris, MD, ahli alergi dan imunologi di C.S. Mott Children's Hospital.

Untuk mengetahui beda anak pilek dan alergi, simak penjelasan lengkapnya berikut ini, Bunda.

1. Pilek pada anak

Kebanyakan pilek disebabkan oleh virus di udara atau benda yang kita sentuh. Mengutip Kidshealth, virus dapat masuk ke lapisan pelindung hidung dan tenggorokan, sehingga memicu reaksi sistem kekebalan yang menyebabkan sakit tenggorokan, kepala, dan kesulitan bernapas.

Gejala pertama anak pilek adalah rasa gatal di tenggorokan, hidung berair atau tersumbat, dan bersin. Anak-anak mungkin mengalami kelelahan, disertai sakit tenggorokan, batuk, sakit kepala, demam ringan, nyeri otot, dan kehilangan nafsu makan.

Jika anak demam, kemungkinan besar dia terkena virus dan bukan alergi. Perlu diketahui, alergi tidak menyebabkan anak demam ya.

Pada kondisi pilek, kelelahan bisa menyebabkan anak kesulitan melakukan aktivitas. Sementara pada anak alergi, mereka hanya merasa tidak enak badan dan masih bisa melakukan aktivitas.

Untuk tahu penjelasan tentang alergi pada anak, BACA HALAMAN BERIKUTNYA ya.

Simak juga cara menangani anak demam, dalam video berikut:

[Gambas:Video Haibunda]

Artis penyintas COVID-19
(ank/rap)
Perbedaan Pilek dan Alergi pada Anak, Bunda Perlu Tahu
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!

Rekomendasi