sign up SIGN UP search


parenting

7 Cara Mengatasi Hidung Tersumbat yang Bikin Bayi Rewel

Annisa Karnesyia Sabtu, 12 Dec 2020 14:30 WIB
Bayi Baru Lahir caption
Jakarta -

Hidung tersumbat karena pilek bisa bikin bayi rewel dan menolak makan. Masalah ini tentu enggak mudah teratasi, Bunda, karena bayi belum bisa mengeluarkan lendir (mukus) dari hidungnya sendiri.

Hidung tersumbat pada bayi bisa disebabkan alergi atau infeksi seperti flu. Kondisi ini juga bisa terjadi saat ada benda yang masuk ke dalam hidung anak.

Hidung tersumbat terjadi saat pembuluh darah dan jaringan di rongga hidung terisi terlalu banyak cairan. Selain rewel dan sulit makan, bayi umumnya sulit tidur dan kesulitan menyusu, Bunda.


Menurut penjelasan Food and Drug Administration (FDA), anak di bawah empat tahun belum bisa diberikan obat yang mengandung dekongestan. Obat ini dikhususkan untuk mengatasi hidung tersumbat.

Beberapa bunda mungkin sering menggunakan pengobatan alami untuk mengatasi masalah ini. Salah satunya adalah penggunaan obat hidung yang mengandung larutan garam (saline).

"Anda dapat membersihkan hidung bayi dengan lembut menggunakan larutan garam yang disemprot," kata Michael Rothschild, M.D., Direktur Otolaringologi Pediatrik di Mt. Sinai Hospital, New York City, dilansir Parents.

Cara mengatasi hidung tersumbat pada bayi enggak boleh dilakukan sembarangan ya. Bunda perlu membantu mengeluarkan lendir perlahan agar tak berdampak serius.

Lalu, bagaimana mengatasi hidung tersumbat pada bayi? Mengutip WebMD dan buku A-Z yang Datang Setelah Melahirkan, yang ditulis Tikah Kumala, berikut 7 cara mengatasinya:

1. Tidurkan bayi di ruangan hangat. Kalau mau pakai AC, Bunda bisa tambahkan mesin pelembap atau membuat uap air panas secara mandiri, dengan menambahkan minyak esensial seperti mentol.

2. Bila hidung bayi tersumbat dan mengganggu Si Kecil, coba encerkan lendirnya dengan air garam yang diteteskan ke ujung lubang hidung bayi. Bunda bisa menggunakan alat sedot lendir untuk mengeluarkannya sampai bersih.

Klik Next untuk tahu 3 cara mengatasi hidung tersumbat yang bikin bayi rewel, Bunda.

Simak juga 4 obat tradisional batuk pilek pada anak, di video berikut:

[Gambas:Video Haibunda]

Banner susuFoto: HaiBunda/Mia Kurnia Sari
Cara Mengatasi Hidung Tersumbat
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!

Rekomendasi