kesehatan

5 Penyebab Rambut Bayi Rontok

Yuni Ayu Amida Kamis, 11 Okt 2018 - 14.01 WIB
5 Penyebab Rambut Bayi Rontok (Foto: iStock) 5 Penyebab Rambut Bayi Rontok (Foto: iStock)
Jakarta - Rambut rontok bukanlah masalah baru pada bayi, tetapi kadang orang tua tidak terlalu tahu apa penyebabnya. 5 Hal ini bisa jadi penyebab kerontokan pada rambut bayi.

Walaupun rambut rontok pada bayi merupakan hal normal, tapi perlu diantisipasi. Ada baiknya Bunda tahu penyebab rambut rontok pada bayi. Dikutip dari detikcom menurut pakar kesehatan kulit Dr Eleni Yiasemides, rambut rontok dianggap normal apabila jumlahnya maksimal 100 helai per hari. Lebih dari itu, kita patut mencari tahu penyebabnya.

Dilansir momjunction, ini 5 penyebab kerontokan rambut pada bayi.



1. Gesekan

Bayi menghabiskan banyak waktu di punggung dan perut sampai mereka bisa duduk. Jadi normal bila kepala mereka bersentuhan dengan permukaan luar. Nah, kontak yang berulang ini dapat menyebabkan gesekan, yang jika cukup parah dapat menyebabkan kerontokan rambut.

Jenis kerontokan seperti ini disebut friksi alopecia atau tekanan alopecia. Dalam hal ini kerontokan rambut biasanya berhenti setelah bayi mulai duduk dan menghabiskan lebih banyak
waktu duduk daripada berbaring.

2. Infeksi Kulit Kepala

Infeksi kulit kepala, termasuk infeksi jamur seperti kurap, dapat menyebabkan kerontokan rambut pada bayi. Kurap dapat menyebabkan kebotakan melingkar pada kulit kepala bayi.



3. Alergi

Reaksi alergi dalam bentuk apapun dapat menyebabkan kerontokan rambut. Bayi bisa alergi terhadap minyak pijat yang mungkin Bunda gunakan pada kulit kepala.

Kondisi alergi seperti eksim juga bisa menyebabkan kerontokan rambut. Jenis eksim yang umumnya ditemukan pada kepala bayi adalah dermatitis seboroik atau disebut juga cradle cap yaitu peradangan kulit.

4. Menarik-narik Rambut

Jika bayi suka bermain dengan rambut dan menarik-narik rambutnya, atau bahkan saudaranya yang menarik rambut, maka itu bisa menyebabkan rambut rontok, Bun. Kondisi psikologis seperti trikotilomania, di mana pengidapnya suka menarik rambut, bisa menjadi salah satu alasannya.

5. Penyakit

Penyakit seperti demam dapat membuat folikel rambut lemah dan menyebabkan kerontokan rambut. Kanker dan perawatannya juga dapat menyebabkan kerontokan rambut.

(nwy/nwy)
Share yuk, Bun!
Rekomendasi