kesehatan

Usia Ideal Menindik Telinga Anak Perempuan

Melly Febrida Rabu, 09 Jan 2019 - 12.37 WIB
Ilustrasi telinga anak/ Foto: thinkstock Ilustrasi telinga anak/ Foto: thinkstock
Jakarta - Bunda punya anak perempuan? Ini berarti Bunda kelak akan menghadapi momen di mana si kecil akan ditindik, ya. Salah satu bunda bernama Katharine Stahl yang berasal dari Chicago, AS, menceritakan pengalaman uniknya menemani sang buah hati ditindik.

Bukan saat bayi, putri Katherine baru akan ditindik saat berusia 7 tahun, Bun. Tentu saja ini menjadi lebih sulit, ya.

Dilansir Pop Sugar, Katherine berupaya untuk percaya sepenuhnya pada sang putri, sekaligus menjadi giat mencari tempat terbaik untuk putrinya ditindik.

Nah, sebenarnya berapa usia yang tepat bagi anak perempuan untuk ditindik telinganya? Menurut dr Liza Meilany, SpA yang berpraktik di RS Permata Depok, sebenarnya tidak ada patokan usia untuk tindakan ini kok, Bun.



Ini artinya menindik telinga pada anak perempuan bisa dilakukan kapan saja. Namun jika bisa, sebaiknya tindakan ini dilakukan saat masih bayi.

Ilustrasi tindik telingaIlustrasi tindik telinga/ Foto: Thinkstock
"Kalau bayi masih kecil lebih mudah, karena anak belum lasak. Intinya usia berapa saja bisa, yang penting dilakukan di tempat yang benar dan steril," pesan dr Liza beberapa waktu lalu nih, Bun.

Selain usia, hal lain yang juga perlu diperhatikan adalah perawatan pascatindakan. Setelah telinga sudah ditindik, pastikan untuk menjaga area sekitarnya tetap kering dan steril.

Hal ini bertujuan untuk meminimalkan terjadinya infeksi. Risiko infeksi bisa terjadi alat tindik yang digunakan tidak bersih, plus perawatan telinga yang kurang baik.


(rdn/rdn)
Share yuk, Bun!
Rekomendasi