kesehatan

Penyebab dan Cara Mengatasi Puting Payudara Terasa Gatal

Ratih Wulan Pinandu Kamis, 21 Feb 2019 - 15.37 WIB
Penyebab payudara gatal/ Foto: iStock Penyebab payudara gatal/ Foto: iStock
Jakarta - Puting payudara terasa gatal, tentu sangat mengganggu. Apalagi saat berada di tempat umum, karena tidak memungkinkan untuk menggaruknya kan, Bun?

Gatal pada puting payudara tidak hanya dialami ibu hamil dan menyusui. Faktanya, banyak perempuan mengeluhkan gatal di bagian ujung payudara tanpa diketahui penyebabnya.

Menjawab rada penasaran tersebut, dr.Boy Abidin, Sp.OG, menyebutkan beberapa penyebab puting terasa gatal. Menurutnya, cuaca menjadi faktor yang paling sering menjadi penyebabnya. Perubahan cuaca yang terlalu dingin akan membuat kulit di sekitarnya menjadi kering dan berubah jadi gatal.

"Kedua ada eczema, yaitu permukaan kulit berubah bersisik, kemerahan dan pecah-pecah. Sifatnya jangka panjang dan rasanya sangat gatal," ungkap Boy, di acara dr Oz Indonesia Trans TV.


Selanjutnya, hal yang paling sering tidak disadari adalah pemakaian sabun yang tidak cocok dengan kulit Bunda. Kandungan sabun tertentu dapat menyebabkan gatal, sehingga membuat puting terasa gatal. Jika sudah terasa gatal, harus langsung hentikan pemakaian ya, Bun.

Tidak kalah penting, memerhatikan material pakaian dalam ya, Bun. Beberapa bahan yang digunakan untuk membuat bra membuat kulit tidak nyaman, kemerahan dan menyebabkan puting dan area payudara jadi gatal.

"Ada juga yang memiliki dermatitis, karena bahan pakaian dalam yang enggak cocok akibatnya puting jadi sensitif," imbuh Boy.

Lain lagi dengan puting gatal yang dialami ibu hamil. Menurut dr.Reisa Broto Asmoro, gatal bisa disebabkan oleh perubahan hormon kehamilan itu sendiri. Sebagaian ibu hamil mengalami kulit kering dan morning sickness, yang membuat tubuhnya kehilangin vitamin dan mineral. Sehingga menyebabkan gatal-gatal, termasuk pada puting payudara.

"Bisa dibantu dengan bahan alami seperti virgin coconut oil dan olive oil," saran Reisa.

Penyebab dan Cara Menangani Puting Payudara Terasa GatalIlustrasi penyebab puting payudara terasa gatal/ Foto: iStock
Sedangkan pada ibu menyusui, bisa diakibatkan oleh air liur bayi yang melekat pada puting, sehingga menyebabkan kulit di sekitarnya menjadi kering. Hingga berujung gatal-gatal di puting payudara.

"Puting gatal juga bisa disebabkan oleh kondisi paget's disease sebagai salah satu jenis kanker payudara. Orang yang mengalami paget's disease salah satunya merasakan puting gatal," terangnya menambahkan.

Jika Bunda di rumah merasa tidak nyaman akibat puting yang terasa gatal, berikut perawatan payudara agar tetap sehat dilansir Health Line.

1. Cuci dan keringkan sampai bersih. Gunakan sabun lembut untuk membersihkan kulit. Pastikan untuk mengeringkan area di bawah payudara dengan baik, agar tidak lembab dan basah.

2. Melembabkan area payudara dengan memakai moisturizer bebas pewangi. Cara ini dapat membantu menjaga kulit payudara kering dan gatal.


3. Ganti produk perawatan kulit. Perhatikan sabun, deterjen atau produk perawatan tubuh yang Bunda kenakan. Jika produk terlalu wangi dan mengandung sodium lauryl sulfate dapat menyebabkan kulit kering dan mengiritasi payudara. Cari produk yang bisa digunakan untuk merawat kulit sensitif.

[Gambas:Video 20detik]

(rap/muf)
Share yuk, Bun!
Artikel Terkait
Rekomendasi