parenting

Usia Berapa Baiknya Anak Mulai Pakai Bra?

Melly Febrida Senin, 12 Aug 2019 16:29 WIB
Usia Berapa Baiknya Anak Mulai Pakai Bra?
Jakarta - Umur berapa anak perempuan mengenakan breast holder (BH) alias bra? Pertanyaan itu bisa muncul di benak pada ibu, termasuk saya. Biasanya, orang tua, berpikir bra dipakai setelah anak menstruasi. Kenyataannya, anak perempuan bisa memakai bra ketika payudaranya sudah berkembang.

Kalau menurut edukator seks Dr.Karen Rayne, usia rata-rata anak perempuan mengenakan bra sekitar 11 tahun. Meski perlu diingat, pertumbuhan masing-masing anak berbeda.

Kata Rayne, beberapa anak gadis mungkin merasa dia lebih membutuhkan mengenakan bra sebagai dukungan ketika payudaranya mulai berkembang. Atau, dia merasa tak nyaman saat berolahraga.


"Mengenakan bra bisa memberi dukungan untuk jaringan payudara dan membuat beberapa gadis dan wanita merasa lebih nyaman," tulisnya dalam buku berjudul Help Your Kids with Adolescence.

Arati Mokashi, seorang ahli endokrin pediatrik di Halifax, mengatakan payudara bisa mulai tumbuh pada usia 8 tahun atau paling lambat 13 tahun. Tapi, rata-rata payudara tumbuh saat perempuan berusia 10,5 tahun.

"Data di Amerika menunjukkan sekarang pubertas terjadi lebih awal ketimbang di masa lalu. Ini mungkin disebabkan oleh perbaikan nutrisi dan peningkatan obesitas," jelas Mokashi mengutip Today Parents.

Memang, anak perempuan jaman now membutuhkan bra sekitar setahun lebih awal ketimbang anak-anak 20 tahun lalu. Sebuah studi yang diterbitkan dalam jurnal Pediatrics tahun 2010 menemukan pada usia 7 tahun, 10 persen perempuan kulit putih, dua persen perempuan Asia, 15 persen perempuan Hispanik, dan 23 persen perempuan kulit hitam sudah mulai berkembang payudaranya.

ilustrasi brailustrasi bra/ Foto: iStock
Mokashi bilang, untuk itu usahakan komunikasi dengan si anak gadis tetap terbuka. Bunda juga perlu tahu, menstruasi pertama kemungkinan akan mulai dua hingga dua setengah tahun setelah payudara mulai berkembang.

Sementara itu, psikolog Carla Fry mengatakan penting bagi orang tua mengetahui kapan anak mesti mengenakan bra. Jadi, enggak ada salahnya jika orang tua mendengarkan permintaan anak.

"Bila anak meminta memakai bra, inilah saatnya untuk menyuruhnya pakai bra. Baik dengan alasan kesopanan, menyesuaikan diri, atau sesuai mode," kata Fry.

Tapi bagaimana kalau anak malu? Menurut situs The Better Fit, anak perempuan tentunya merasa malu jika memikirkan mengenakan bra, apalagi push up bra atau bra berkawat. Sebenarnya, ada bra untuk latihan dan crop top yang tersedia untuk anak-anak yang mungkin payudaranya belum terlalu berkembang tetapi ingin memakai bra. Biasanya, tak sedikit orang tua lebih suka bra mirip sport bra untuk si kecil di awal memakai bra.


Beberapa anak ada yang malu jika membicarakan bra, terlebih pada ibunya. Untuk itu, tak ada salahnya Bunda mengajak anak ngobrol santai. Tapi, jika anak belum siap jangan paksa ya, Bun. Meskipun Bunda juga perlu tetap mengedukasi anak pentingnya memakai bra sebagai bagian dari seks edukasi.

Sama seperti wanita dewasa, remaja perempuan disarankan tak pakai bra 24 jam full. Diibaratkan, sediakan waktu untuk payudara 'bernapas'.

Bunda, ketahui peralatan lengkap ibu menyusui dalam video berikut.

[Gambas:Video Haibunda]

(rdn/rdn)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi