menyusui

Ibu Menyusui Mengalami Malnutrisi, Apa Efeknya pada ASI?

Asri Ediyati Sabtu, 28 Apr 2018 16:00 WIB
Ibu Menyusui Mengalami Malnutrisi, Apa Efeknya pada ASI?
Jakarta - Setelah menyusui seringkali tubuh kita merasa lapar. Hal ini karena nutrisi yang ada di dalam tubu ditransfer ke anak. Nah, bagaimana dengan ibu yang malnutrisi? Penyakit malnutrisi sendiri cukup banyak penyebabnya dan salah satunya infeksi cacing. Apakah ada pengaruh pada ASI jika ibu menyusui mengalami malnutrisi?

Menurut dr Juwalita Surapsari MGz SpGK dari RS Pelni Jakarta, jika ibu menyusui mengalami malnutrisi, secara umum volume ASI nggak menurun, tapi kualitasnya yang menurun, Bun.

"Karena untuk memproduksi ASI setiap ibu itu mampu menghasilkan volume ASI yang dibutuhkan bayinya. Hanya saja kualitasnya yang menurun jika ibu malnutrisi," tutur dr Juwalita kepada HaiBunda.


Kata dr Juwalita, produksi ASI sendiri menganut prinsip 'supply and demand', semakin sering diisap bayi, semakin naik produksinya. Untuk bisa membentuk ASI, tubuh akan secara otomatis mengambil zat yang ada di dalam. Jadi, kalau ibu malnutrisi, lama-lama kualitas ASI-nya menurun, Bun.



Untuk itu, penting nih bagi Bunda yang menyusui untuk selalu memperhatikan kebersihan diri dan lingkungan supaya nggak terkena infeksi dari kuman yang bisa menyebabkan malnutrisi. Selain itu, jangan lupa untuk memperhatikan nutrisi yang Bunda asup selama menyusui si kecil. Ada banyak daftar makanan yang bisa menjadi booster sekaligus pelengkap nutrisi yang diperlukan Bunda dan si kecil.

Salah satunya seperti daun bayam dan bit yang mengandung zat besi, kalsium dan asam folat. Ini penting untuk memulihkan ibu yang anemia. Selain itu daun bayam dan bit akan membantu membuat bayi jadi kuat.

Daun bayam dan bit mengandung zat detoksifikasi juga bahan kimia tanaman tertentu yang bisa membantu mencegah kanker payudara. Usahakan konsumsi bayam secukupnya karena terlalu banyak juga bisa menyebabkan diare pada bayi, Bun.

Selain itu ada wortel. Segelas jus wortel yang diminum saat sarapan atau makan siang akan memberi keajaiban dalam menyusui. Seperti bayam, wortel juga meningkatkan kualitas ASI. Wortel mengandung vitamin A yang melengkapi zat dalam ASI dan meningkatkan kualitas ASI. Bunda bisa mengonsumsinya dalam keadaan mentah, dikukus atau bahkan dijadikan bubur atau sup.

Jangan lupa juga ya, Bun, kalau lagi menyusui minum air putih dan jus karena bisa meningkatkan volume ASI. Air mencegah bunda mengalami dehidrasi dan menggantikan cairan yang hilang saat menyusui. Usahakan minum segelas air saat haus atau bahkan sebelum mulai menyusui bayi.

(rdn)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi