menyusui

Obat yang Dikonsumsi Ibu Menyusui Bisa Berefek ke Bayi?

Asri Ediyati Kamis, 02 Aug 2018 15:59 WIB
Obat yang Dikonsumsi Ibu Menyusui Bisa Berefek ke Bayi?
Jakarta - Bayi sakit paniknya bukan main, apalagi jika kita ibu baru. Ditambah, bayi belum bisa mengonsumsi apapun kecuali air susu ibu (ASI). Lalu, pernah kepikiran nggak sih, Bun, kalau kita minum obat saat menyusui, obat itu juga berpengaruh ke bayi?

Harapannya sih obat bisa terserap di ASI hingga secara nggak langsung juga terminum oleh bayi. Menanggapi hal ini, dr Liva Wijaya SpOG dari RS Mitra Kemayoran, Jakarta, mengatakan beberapa obat yang diminum bisa masuk ke ASI.

dr Liva bilang ada penelitian yang menunjukkan sekian persen obat bisa terserap ke ASI. Mengutip Health Direction, jumlah obat yang masuk ke ASI dan efeknya pada bayi tergantung pada usia dan kesehatan bayi, jenis obat, berapa banyak yang dikonsumsi ibu dan kapan ibu meminum obat itu.




"Obat memang bisa masuk ke ASI tapi kemungkinan besar itu sangat kecil yang masuk. Dan sebenarnya yang membuat bayi sembuh itu adalah antibodi yang terdapat di dalam ASI, bukan dari obat yang kita minum kemudian bayi jadi sehat kembali," kata dr Liva di acara 'Smart Parents and Baby Expo' di Jakarta Convention Center, baru-baru ini.

dr Liva bilang obat yang ikut masuk ke dalam ASI kemungkinan besar nggak ada efek penyembuhan bagi bayi yang sakit. Jadi, misalkan bayi diare, sebenarnya ibu nggak perlu mengonsumsi obat diare. Hal yang perlu dilakukan adalah tetap memberikan ASI, lalu pantau apakah bayi mengalami kondisi lainnya seperti dehidrasi. Lalu, perhatikan BAB bayi juga, Bun. Jika Bunda ragu nggak ada salahnya membawa si kecil ke tenaga kesehatan.

"Tapi jika justru ibunya yang sakit misalnya darah tinggi dan sedang mengonsumsi obat, maka ASI-nya nggak boleh diberikan ke bayi. Jadi ibu juga harus tahu, apakah konsumsi obat tertentu aman untuk menyusui," lanjut dr Liva.

dr Liva menambahkan semua ibu menyusui nggak boleh lupa menjaga kebersihan puting susu. Hal ini karena bakteri apa saja termasuk yang merugikan bisa masuk ke tubuh bayi jika puting susu nggak rajin dibersihkan.


(rdn)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi