menyusui

Ciri-ciri ASI Perah Basi

Radian Nyi Sukmasari Selasa, 07 Aug 2018 08:00 WIB
Ciri-ciri ASI Perah Basi
Jakarta - Seperti susu lainnya, Air Susu Ibu (ASI) juga bisa basi. Pastinya penting banget ya mengetahui apakah ASI kita basi atau nggak. Nah, seperti apa sih ciri-ciri ASI perah basi?

"Ciri-ciri ASI basi kita bisa tahu caranya ASI-nya dicobain oleh ibu. Sama seperti cairan susu lain, ASI kalau basi berbau asam atau kayak berbau muntah," kata konselor laktasi dari Mayapada Hospital Jakarta Selatan dr Ameetha Drupadi, CIMI dalam Live Instagram HaiBunda 'Menguak Fakta dan Mitos Menyusui, Senin (6/8/2018).

Kemudian, secara tekstur ASI-nya jadi lebih kental dan ada gumpalannya, Bun. Ketika dicicipi, sudah pasti rasa ASI-nya berbau asam. Nah, kalau ASI seperti itu pastinya jangan diberikan ke bayi ya. Ketika ASI basi diberikan pada anak kata dr Ameetha sudah pasti bisa mengganggu pencernaan bayi.


dr Ameetha bilang umumnya yang menyebabkan ASI perah basi adalah penyimpanan yang nggak benar. Misalnya, ketika hendak membekukan ASI perah supaya bisa tahan sampai 3 bulan, maka benar-benar simpan ASI perah di freezer. Jangan simpan ASI perah di chiller atau kulkas bagian bawah lebih dari 5 hari.



Untuk memberi ASI perah ke bayi, umumnya ibu akan menghangatkan ASI perah. Nah, kadang di ASI perah yang dipanaskan seperti ada minyak. Apakah itu normal? Menurut dr Ameetha, hindmilk memang biasanya mengandung lemak sehingga ketika ASI dihangatkan kemudian seperti berminyak, nggak masalah, Bun.

"Kalau setelah dihangatkan ASI perah berwarna lebih kuning dan seperti berminyak di atasnya nggak apa-apa, itu normal," ujar dr Ameetha.

Nah, untuk tips penyimpanan dan pemberian ASI perah bisa disimak di infografis berikut ini, Bun.

ASI perahASI perah Foto: Infografis
(rdn)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi