sign up SIGN UP search


menyusui

5 Penyebab ASI Perah Sedikit, Bagaimana Solusinya?

Yuni Ayu Amida Senin, 06 Apr 2020 07:00 WIB
Bunda sering memerah ASI namun hasilnya selalu sedikit? Nah, berikut ini beberapa penyebab yang membuat ASI perah tidak sebanyak yang Bunda harapkan. caption
Jakarta - Memerah ASI menjadi salah satu cara untuk ibu menyusui yang bekerja tetap bisa memberikan ASI pada buah hatinya. Hanya saja, kadang hasil dari ASI perah tidak terlalu banyak. Nah, kira-kira apa sebabnya ya, Bunda?

Dikatakan dokter kandungan dan ginekolog, Holly Ernst, PA-C salah satu penyebab ASI perah keluar sedikit adalah karena ibu menyusui tidak rutin memompa payudara.


"Cara nomor satu untuk meningkatkan suplai ASI perah adalah sering memompa payudara," kata Ernst, dikutip dari Healthline.


Ernst menambahkan, pasokan ASI diatur oleh hormon dan ritme sirkadian tubuh, sehingga banyak wanita yang memiliki volume ASI paling banyak di pagi hari. Jadi, jika ingin meningkatkan persediaan ASI cobalah untuk memompa payudara di pagi hari dan lakukan dengan rutin.

Untuk lebih jelasnya, berikut ini 5 penyebab hasil ASI perah sedikit, dilansir What to Expect:

1. Tidak sering memompa

Dalam memerah ASI, ingat aturan penawaran dan permintaan, Bunda. Semakin banyak permintaan (dalam bentuk pemompaan dan menyusui), maka semakin banyak persediaan ASI yang akan ada. Sebaiknya lakukan pemompaan payudara secara eksklusif. Atau jika sedang bekerja di siang hari, pastikan tetap memompa payudara, minimal setiap 3 hingga 4 jam, dan lebih sering jika bayi masih dalam tahap bayu baru lahir.

2. Tidak memberi jarak waktu memompa

Bisa jadi Bunda memompa terlalu cepat setelah sesi menyusui atau memompa selesai, dan saat persediaan ASI belum memiliki kesempatan untuk terisi kembali. Sebaiknya, cobalah menunggu untuk memompa sampai setidaknya satu jam setelah sesi menyusui atau pemompaan terakhir.

3. Memompa di saat sesi menyusui

5 Penyebab ASI Perah Sedikit, Bagaimana Solusinya?5 Penyebab ASI Perah Sedikit, Bagaimana Solusinya? Foto: shutterstock

Saat bersama bayi, pastikan untuk lebih sering menyusui daripada memompa ASI. Jika ingin memompa payudara di antara sesi menyusui, pastikan setidaknya memompa satu jam sebelum waktu menyusui, untuk memastikan bahwa bayi mendapat cukup ASI dan payudara.

4. Pompa payudara tidak tepat

Jenis pompa yang digunakan bisa menjadi faktor ASI perah hasilnya sedikit. Biasanya, cara yang paling efisien untuk menghasilkan banyak ASI pada sesi pemompaan adalah dengan menggunakan pompa listrik ganda. Pilih pula pompa payudara yang dirasa nyaman di payudara.

5. Dehidrasi

Jika Bunda mengalami dehidrasi, persediaan ASI bisa berkurang. Jadi, ingatlah untuk minum banyak air putih dan hindari minuman berkafein.


Simak juga cara aman cegah kehamilan untuk ibu menyusui dalam video ini:

[Gambas:Video Haibunda]



(yun/muf)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi