menyusui

Chelsea Olivia Tak Mau Oleskan Lipstik ke Puting Saat Sapih Anak

Nurvita Indarini Minggu, 26 Aug 2018 14:00 WIB
Chelsea Olivia Tak Mau Oleskan Lipstik ke Puting Saat Sapih Anak
Jakarta - Banyak cara dilakukan ibu-ibu saat hendak menyapih si kecil. Misalnya nih mengolesi puting payudaranya dengan lipstik merah, menempelkan plester di puting, atau mengolesi sesuatu yang pahit di puting. Tapi Chelsea Olivia memilih tidak menggunakan cara itu.

Ya, ada beberapa ibu yang mengolesi puting payudaranya dengan lipstik merah agar anaknya merasa aneh atau geli, lantas nggak mau menyusu lagi ke ibunya. "Saya tidak memakai cara mewarnai puting dengan lipstik, dikasih pahit-pahit, pura-pura sakit, dititipkan ke opa atau oma," ujar Chelsea Olivia di akun Instagram-nya, @chelseaoliviaa.

Menurut Chelsea, menyapih harus nyaman dan tidak boleh ada tekanan untuk anak. Meski begitu Chelsea juga nggak menyalahkan ibu-ibu yang mengoleskan lipstik atau sesuatu yang pahit ke puting payudara saat hendak menyapih. Karena baginya setiap ibu punya keputusan sendiri.




Chelsea Olivia bilang sebentar lagi Nastusha akan berulang tahun kedua. Nah, sejak Nastusha berumur 1,5 tahun, Chelsea sudah memberi tahu anaknya untuk tidak menyusu langsung alias nenen, melainkan minum susu di gelas.

Menyapih Anak, Chelsea Olivia Tak Mau Olesi Lipstik ke Puting/Menyapih Anak, Chelsea Olivia Tak Mau Olesi Lipstik ke Puting/ Foto: Instagram


Sebagaimana proses menyusui, menyapih pun butuh support dari seluruh keluarga di rumah. Itu makanya Chelsea Olivia juga sounding ke keluarganya bahwa dirinya sedang dalam proses menyapih Nastusha.

Karena sudah terbiasa menyusui langsung Nastusha, Chelsea merasa sedih juga saat proses menyapih anaknya. Dia merasa nggak tega. Pada sang suami, Glenn Alinskie, Chelsea bilang dirinya berniat menyusui Nastusha lagi. Tapi sang suami menguatkan dengan mengatakan, "Kalau dikasih lagi kalian harus mengulang dari awal. Dan dengan disapih Nastusha makan lebih lahap karena mungkin perutnya nggak penuh dengan susu."



Akhirnya Chelsea Olivia menguatkan diri. Dia bersyukur Nastusha kooperatif dan memahami penjelasannya.

Tips Menyapih Anak

Nah, ini tips menyapih anak ala Chelsea Olivia:

1. Pastikan Anak Kenyang Sebelum Tidur

Sebelum tidur adalah saatnya 'drama' dimulai, jadi pastikan anak kenyang banget sebelum tidur dan juga siapkan minuman. Chelsea sendiri menyiapkan air putih.

2. Perbanyak Quality Time

Memperbanyak quality time antara ibu dan anak penting banget untuk menyukseskan penyapihan. Kita bisa banyak memeluk, mencium, dan menggendong anak agar dia tidak merasa di tinggalkan dan ditolak ibunya.

3. Sabar

Sama seperti menyusui, menyapih pun perlu kesabaran. Kadang kita nggak tega saat anak rewel karena ingin menyusu. Karena itu, sabar ya, Bun. Jangan lupa juga berdoa minta kesabaran dan kelancaran.

4. Punya Tekad Kuat

Kata Chelsea yang nggak kalah penting adalah tekad ibu yang kuat untuk menyapih dengan cinta.

HaiBunda juga pernah mengulas cara menyapih dengan cinta. Simak di artikel berikut ini ya, Bun: 7 Langkah Ini Bantu Ibu Menyapih si Kecil dengan Cinta. (Nurvita Indarini/aci)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi