sign up SIGN UP search

menyusui

Sampaikan 10 Kalimat Positif Ini pada Anak agar Mudah Disapih

Dwi Indah Nurcahyani   |   Haibunda Kamis, 05 Jan 2023 07:55 WIB
Ilustrasi ibu dan anak caption
Jakarta -

Menyapih anak dengan cinta membuat bonding dengan anak tetap terjalin dengan baik. Salah satu yang bisa dilakukan yakni dengan memberikan afirmasi kalimat positif yang bisa disampaikan ke anak saat akan menyapihnya.

Setiap orang tua mungkin memiliki target kapan waktu yang tepat untuk menyapih anaknya. Apa pun keputusan tersebut, tentunya sangat baik melakukannya secara bertahap dan perlahan.

Melakukan sesuatu secara perlahan juga memungkinkan payudara merespons penurunan permintaan dan membantu mencegah risiko saluran tersumbat dan mastitis atau radang jaringan payudara yang menyakitkan yang sering disebabkan oleh infeksi, seperti dikatakan Trina Goodwin, Konselor Lantasi, dikutip dari laman Huffpost.


10 Kalimat positif untuk anak saat akan menyapihnya

Dalam tahapan tersebut, Bunda dapat memulai mengurangi jumlah pemberian makan secara bertahap. Hentikan satu pemberian makan tidak kurang dari setiap tiga hingga lima hari agar peralihannya tidak terlalu mendadak. 

"Ini membantu bayi terbiasa menyusu lebih sedikit, serta membantu ibu menyesuaikan diri dengan penurunan hormon prolaktin dan oksitosin. Perlu diperhatikan juga bahwa hormon ini dapat mempengaruhi suasana hati dan keadaan emosi," sambung Trina.

Selain melakukannya secara perlahan dan bertahap, Bunda juga dapat memberikan afirmasi positif pada anak agar mereka fase menyapih berjalan mulus dan menenangkan Si Kecil. Layangkan beberapa kalimat positif yang bisa disampaikan ke anak saat menyapihnya diantaranya berikut ini ya, Bunda:

1. Aku kuat
2. Aku hebat
3. Aku dicintai
4. Ayah dan Bunda selalu ada di sini
5. Aku pintar
6. Aku berani
7. Aku gembira
8. Aku mampu
9. Aku anak yang baik
10. Aku bersyukur

Selain kalimat di atas, Bunda juga dapat berkreativitas dengan kalimat lainnya yang mudah dipahami Si Kecil. Ada baiknya, berilah kalimah yang mudah dimengerti anak seusianya sehingga mereka memahami proses penyapihan tidak berarti memisahkan bonding yang selama ini terjalin dengan Bunda.

Klik di halaman selanjutnya ya, Bunda.

Bunda, yuk download aplikasi digital Allo Bank di sini. Dapatkan diskon 10 persen dan cashback 5 persen.

Saksikan juga yuk video tentang normalkah ASI bocor saat sudah menyapih.

[Gambas:Video Haibunda]



10 KALIMAT POSITIF YANG BISA DISAMPAIKAN KE ANAK SAAT AKAN MENYAPIHNYA
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!
BERSAMA DOKTER & AHLI
Bundapedia
Ensiklopedia A-Z istilah kesehatan terkait Bunda dan Si Kecil
Rekomendasi
Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
ARTIKEL TERBARU
  • Video
detiknetwork

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Pantau terus tumbuh kembang Si Kecil setiap bulannya hanya di Aplikasi HaiBunda!