menyusui

5 Cara Mengatasi Bengkak Payudara Saat Menyapih Si Kecil

Dwi Indah Nurcahyani Sabtu, 30 Nov 2019 15:26 WIB
5 Cara Mengatasi Bengkak Payudara Saat Menyapih Si Kecil
Jakarta - Keputusan menyapih si kecil, biasanya akan diikuti dengan bengkak payudara. Rasanya pun enggak nyaman, dan terkadang bisa bikin Bunda sampai panas dingin.

Secara alami payudara akan menghasilkan ASI ketika Bunda memiliki bayi. Tetapi, saat Bunda menyapih si kecil,payudara pun perlahan memproduksi sedikit ASI.


Penting sekali bagi Bunda untuk memberikan sinyal tersebut pada tubuh, sehingga sangat dianjurkan tidak melakukannya secara mendadak. Hal itu penting dilakukan agar payudara perlahan-lahan menurunkan produksi ASI-nya.


"Ini merupakan konsep yang sederhana. Payudara akan berhenti memproduksi ASI jika Bunda tidak memberikan sinyal untuk membuat lebih banyak atau mengeluarkan ASI dari payudara Bunda," ujar Mary Shay, RN, MS, IBCLC, konsultan laktasi, dikutip dari Premier Health.

Itu sebabnya ya, Bun, saat menyapih si kecil tidak dilakukan secara tiba-tiba. Selain membuat payudara tidak nyaman, bengkak pada payudara pun akan menghampiri, Bun.

Melansir Very Well Family, ketika payudara terasa tidak nyaman, beberapa hal berikut ini bisa membantu melewatinya, Bun:

5 Cara Mengatasi Bengkak Payudara Saat Menyapih Si KecilTips mengatasi payudara bengkak saat menyapih anak/Foto: iStock

1. Keluarkan sedikit ASI agar terasa lebih nyaman

Jika payudara Bunda membesar. Bunda bisa memerasnya atau memompa ASI sedikit, untuk meringankan tekanan dan mengurangi rasa sakit.

Tapi, Bunda hanya perlu memompa secukupnya sampai merasa lebih baik. Jika Bunda mengeluarkan ASI terlalu banyak dan terlalu sering, tubuh pun akan terus menghasilkan lebih banyak lagi.

2. Kenakan bra yang tidak terlalu ketat

Pastikan Bunda memilih bra yang lembut dan membuat tekanan pada payudara terasa enak. Pilihlah bra yang tidak terlalu ketat, sehingga Bunda merasa nyaman. Atau, Bunda juga dapat mengikat payudara untuk menghentikan produksi ASi dimana hal ini dapat menyebabkan saluran ASI tersumbat.

3. Gunakan kompres dingin

Daun kubis dingin atau kompres es dapat meredakan peradangan dan nyeri pada payudara yang membesar atau membengkak. Dengan penggunaan yang berkelanjutan, kompres dingin juga dapat membantu mengurangi produksi ASI.


4. Siapkan pembungkus payudara dengan mudah

Pembengkakan akibat penyapihan yang tiba-tiba dapat meningkatkan tekanan pada payudara. Tekanan itu pun dapat menyebabkan kebocoran pada waktu yang acak, terutama ketika Bunda mendengar bayi menangis. Bersiapkan untuk menghindarinya dan menggunakan breast pads untuk menyerap ASI yang bocor.

5. Konsultasi dengan dokter

Penumpukan ASI bisa terasa menyakitkan. Bicarakan dengan dokter Bunda agar dokter bisa meresepkan obat yang membantu meringankan rasa sakit. Bunda juga dapat mencoba ramuan pengurang susu seperti sage, peterseli, dan peppermint untuk mengurangi pasokan ASI.

Semoga membantu, Bun!

5 Cara Mengatasi Bengkak Payudara Saat Menyapih Si Kecil

Bunda, bisa dicontoh nih cara para Bunda seleb menyapih anak. Langsung lihat dalam tayangan berikut ya.

[Gambas:Video Haibunda]

(rap/rap)
Share yuk, Bun!
Artikel Terkait

Rekomendasi