menyusui

5 Tips Mudah Atasi Puting Lecet

Asri Ediyati Sabtu, 15 Sep 2018 12:58 WIB
5 Tips Mudah Atasi Puting Lecet
Jakarta - Sebagian ibu yang meyusui pasti pernah mengalami puting lecet. Saat puting lecet, jangan patah semangat untuk tetap menyusui si kecil, Bun.

Jika puting lecet, jangan langsung panik, mintalah bantuan suami atau anggota keluarga terdekat lainnya. Konselor laktasi, dr Yolanda Safitri, mengatakan, puting menjadi lecet karena perlekatan si kecil ke payudara belum bagus. Karena itu bunda harus membetulkan posisinya.

Berikut lima tips mudah atasi puting lecet seperti yang telah HaiBunda rangkum dari berbagai sumber.

1. Biarkan Puting Mengering Usai Menyusui

Jika puting dikeringkan dengan alami alias dengan udara, bisa mencegah puting lecet. Hindari pemakaian sabun atau antiseptik karena membuat puting semakin kering dan menimbulkan lecet.

2. Oleskan ASI

Ya, itu betul. Menggunakan beberapa tetes ASI dan mengoleskannya pada puting telah terbukti memiliki efek penyembuhan yang luar biasa pada puting yang sakit. ASI memiliki sifat antibakteri dan membantu mengobati puting lecet, pecah-pecah, dan perih. Setelah itu keringkan dulu sebelum memakai bra.

5 Tips Mudah Atasi Puting Lecet5 Tips Mudah Atasi Puting Lecet/ Foto: thinkstock




3. Konsumsi Makanan Sumber Vitamin C

Vitamin C nggak hanya bagus untuk mencegah batuk dan pilek, tapi juga membantu mencegah infeksi dalam tubuh dan akan membantu menyembuhkan kulit yang sakit lebih cepat. Hal ini berarti meningkatkan asupan vitamin C bisa mengobati puting lecet [https://www.haibunda.com/menyusui/d-4162600/tips-mengatasi-puting-lecet-saat-menyusui] ketika menyusui. Konsumsi buah-buahan seperti jeruk, kiwi, stroberi, rapsberi dan lemon.

4. Pijat dengan Minyak

Kelembapan adalah kunci untuk menyembuhkan kulit kering, jadi minyak seperti almond atau minyak kelapa sangat bagus untuk mengatasi puting lecet. Pijat lembut kulit di sekitar puting dan biarkan minyak terserap ke dalam kulit sebelum mengenakan bra untuk efek maksimal.

5. Kompres Hangat

Obat lain yang efektif adalah dengan memberikan kompres hangat pada area yang lecet. Ini akan menenangkan kulit, terutama sebelum atau sesudah menyusui dan membantu dalam penyembuhan. Hal yang harus dilakukan yakni ambil kain bersih dan celupkan ke dalam air hangat. Peras air yang berlebihan dan kompreskan pada bagian puting selama beberapa detik. Mandi air hangat juga bisa menenangkan kulit dan mengurangi ketidaknyamanan.

(aci/nwy)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi