menyusui

Tips Sukses Kembali Menyusui Setelah Sempat Berhenti

Annisa Karnesyia Jumat, 29 Nov 2019 10:41 WIB
Tips Sukses Kembali Menyusui Setelah Sempat Berhenti
Jakarta - Lama tidak menyusui bisa menyebabkan produksi ASI menurun, Bun. Tapi, Bunda tidak perlu khawatir untuk mulai menyusui kembali.

Menurut pakar laktasi, dr.Ameetha Drupadi, CIMI, ibu tetap bisa memulai langkah menyusui kembali (relaktasi). Ketika anak mencoba menyusu, produksi susu akan naik secara bertahap.


Tapi mengalihkan anak dari botol dot ke puting tidaklah mudah, Bun. Ameetha mengibaratkan botol dot sebagai 'selingkuhan' yang sebenarnya bisa ditinggalkan.


"Biasanya bayi-bayi yang sudah mengenal selingkuhan enggak mau menetek langsung lagi. Untuk kembali, yang pertama adalah selingkuhannya harus pergi dulu, harus benar-benar di stop," kata Ameetha, dalam acara 'Media Talk Show Kiat Sukses MengASIhi' di Artotel Thamrin, Menteng, Jakarta Pusat, baru-baru ini.

Misalnya jika si kecil enggak mau menyusu karena pakai botol dot, berarti cara ini harus dihentikan. Nanti bisa diganti dengan media lain seperti menyusu dengan gelas atau sendok.

Lalu bagaimana langkah-langkah mulai menyusui anak kembali?

Ilustrasi ibu menyusuiIlustrasi ibu menyusui/ Foto: iStock

Ibarat selingkuhan yang sudah pergi, selanjutnya adalah mendekatkan diri kembali. Artinya Bunda harus kembali mendekatkan diri ke anak.

"Kalau selingkuhan sudah pergi, kita harus honeymoon. Nah, di sini ibu dan bayi harus babymoon lagi, jadi antara ibu dan bayi ada kontak 24 jam yang full. Lebih baik lagi lakukan skin to skin," ujar Ameetha.

Kunci utama relaktasi adalah membuat anak nyaman dengan ibu. Jika dia sudah nyaman, anak bisa mulai menyusu.

Namun, bila dirasa masih sulit, Bunda bisa mencoba langkah berikutnya. Ameetha menyarankan untuk mengganti media botol dengan gelas untuk minum susu. Takarannya adalah 1/3 dari biasanya.

"Misalnya minum pakai botol 120 ml, kita bisa kasih 40 ml pakai gelas. Jadi dia enggak lapar banget, tapi enggak terlalu kenyang. Dengan begitu anak mau mulai menyusu karena lapar," jelasnya.

Cara seperti ini bisa lakukan terus-menerus. Kata Ameetha, biasanya dalam waktu 3x24 jam, anak mulai mau menyusu kembali.

Penting untuk diingat, Bunda sebaiknya tidak memaksa si kecil ya. Semakin dipaksa, anak biasanya akan marah dan justru menolak.

Simak juga tips membuat anak sendawa setelah menyusui di video berikut:

[Gambas:Video Haibunda]

(ank/rdn)
Share yuk, Bun!
Artikel Terkait

Rekomendasi