sign up SIGN UP search


menyusui

3 Tips Anti Stres Saat Busui yang Putuskan Menyapih Secara Mendadak

Annisa Karnesyia Rabu, 16 Jun 2021 09:15 WIB
Ilustrasi bayi menangis caption
Jakarta -

Menyapih anak perlu dilakukan secara bertahap ya, Bunda. Namun, pada kondisi tertentu, Bunda mungkin harus menyapih secara mendadak.

Menyapih secara mendadak atau abrupt weaning bisa mengakibatkan Bunda dan si Kecil stres. Selain itu, Bunda juga bisa mengalami masalah akibat berhenti menyusui secara mendadak.

Mengutip Very Well Family, menyapih yang dilakukan secara bertahap lebih baik daripada mendadak. Menyapih bertahap dapat mengurangi rasa traumatis bayi anak-anak.


"Menyapih secara mendadak adalah kebalikan dari menyapih bertahap, yakni transisi lambat dari menyusui ke pemberian sumber nutrisi lain. Jika memiliki pilihan, maka disarankan untuk menyapih secara bertahap," kata perawat anak bersertifikat Donna Murray, RN, BSN.

Selain memenuhi nutrisi, menyusui juga memberikan kenyamanan dan keamanan pada si Kecil. Sebagian anak mungkin bisa disapih secara mendadak tanpa drama, tapi yang lain bisa mengalami kesulitan.

Menyapih secara mendadak bisa menimbulkan efek terhadap fisik, hormonal, dan emosional untuk Bunda. Tubuh seperti tidak memiliki kesempatan untuk menilai apa yang terjadi karena tidak punya cukup waktu untuk menyesuaikan diri.

"Ketika menyapih dilakukan tiba-tiba, itu bisa berubah menjadi sebuah kekecewaan. Jika menyapih bukan sesuatu yang Anda inginkan, maka itu bisa menimbulkan rasa sedih, marah, atau bersalah. Kesedihan mungkin lebih besar pada wanita yang pernah menderita depresi sebelumnya," ujar Murray.

Sementara itu menurut konselor laktasi F.B. Monika, penyebab paling umum menyapih mendadak adalah karena bayi dan Bunda sakit berat sehingga harus dirawat inap. Dalam kondisi ini, Bunda akan menggunakan obat-obatan yang mungkin berbahaya untuk buah hati.

Dampak yang paling dirasakan saat Bunda menyapih secara mendadak adalah munculnya masalah di payudara. Misalnya, payudara menjadi bengkak dan sakit.

"Menyapih secara mendadak juga dapat menyebabkan masalah pada ibu, seperti payudara bengkak, sumbatan ASI, hingga mastitis," ujar Monika dalam Buku Pintar ASI dan Menyusui.

Bunda dapat meminimalkan masalah menyusui yang terjadi ketika menyapih secara mendadak. Simak tips lengkap di halaman berikutnya ya.

Simak juga tips memperbanyak ASI saat menstruasi, dalam video berikut:

[Gambas:Video Haibunda]

TIPS SAAT MENYAPIH SECARA MENDADAK
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!

Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi
Pantau terus tumbuh kembang Si Kecil setiap bulannya hanya di Aplikasi HaiBunda!