menyusui

Produksi ASI Mulai Berkurang? Atasi dengan Pijat Payudara Yuk, Bun

Dwi Indah Nurcahyani Minggu, 31 Mar 2019 09:00 WIB
Produksi ASI Mulai Berkurang? Atasi dengan Pijat Payudara Yuk, Bun
Jakarta - Saat ASI mulai seret, melakukan rileksasi seperti memijat payudara jadi salah satu cara terbaik, Bun. Selain melancarkan ASI, pijat payudara akan membuat ASI meningkat drastis lho.

Seperti dikatakan Tori Sproat, penulis dan konsultan laktasi bersertifikat internasional, pijatan pada payudara memiliki manfaat yang begitu banyak.

"Pijat payudara memiliki banyak manfaat termasuk meningkatkan hasil ASI, lebih sedikit risiko penyumbatan, mengurangi pembengkakan, dan lainnya,"kata Sproat dikutip dari laman Romper.



Sproat percaya bahwa teknik drainase limfatik yang diprakarsai konsultan laktasi bersertifikat internasional, Maya Bolman, adalah salah satu pendekatan terbaik untuk membantu produksi susu, Bun. Dalam metode sederhana, Sproat menjelaskan langkah yang bisa dilakukan dengan mudah. Pertama, Bunda dapat berbaring telentang dan meremas-remas payudara. Kemudian, gunakan minyak zaitun atau minyak kelapa untuk memijat dengan gerakan lembut ke arah ketiak, Bun.

"Ini merupakan titik drainase limfatik dan akan membantu mengeluarkan edema dari payudara Bunda dan menyaringnya melalui tubuh Bunda. Hasilnya, pembengkakan akan turun dan ada sedikit tekanan pada saluran sehingga ASI bergerak lebih bebas,"katanya.

Produksi ASI Mulai Berkurang? Atasi dengan Pijat Payudara Yuk, BunIlustrasi pijat payudara/ Foto: ilustrasi/thinkstock

Melansir Health Line, metode pemijatan pada payudara untuk meningkatkan produksi ASI juga dapat dilakukan dengan cara sederhana lainnya, Bun. Bahkan, cukup hanya 15 menit saja dilakukan dan Bunda akan merasakan manfaatnya.

Caranya, Bunda dapat berfokus pada satu payudara terlebih dulu selama beberapa menit. Letakkan empat jari dari satu tangan Bunda di bagian atas payudara dan empat jari tangan lainnya di bagian bawah. Kemudian, lakukan pijatan dalam pola melingkar. Ini akan terasa efektif jika tangan Bunda dalam keadaan hangat.

Setelah itu, pindahkan perhatian ke sisi payudara lainnya. Lanjutkan dengan pola melingkar, serta mengepalkan tangan kemudian dengan lembut menggulung atau meremas payudara, Bun.


Bunda juga bisa menggunakan ujung jari untuk memijat seluruh payudara. Jika ingin memaksimalkan pijatan dengan tangan, posisikan jari telunjuk dan ibu jari di sekitar puting Bunda. Lalu, satukan jari-jari Bunda sambil memberikan tekanan lembut pada puting tersebut layaknya mengeluarkan ASI kemudian berikan remasan dengan ritme detak jantung.

Nah, nggak sulit kan Bun untuk dipraktikkan di rumah? Selamat mencoba, Bun!

Lihat juga yuk, Bun, jenis-jenis puting yang normal agar dapat menyusui secara lancar lewat video di bawah ini.

[Gambas:Video 20detik]



(rap/rap)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi