menyusui

Puting Payudara Tidak Normal Ganggu Produksi ASI?

Muhayati Faridatun Minggu, 17 Mar 2019 - 19.59 WIB
Puting tidak normal ganggu produksi ASI?/ Foto: iStock Puting tidak normal ganggu produksi ASI?/ Foto: iStock
Jakarta - Beberapa bunda baru mungkin mengalami kesulitan saat menyusui bayinya, lantaran bentuk puting payudara abnormal. Bunda juga bertanya-tanya, bentuk puting tidak normal memengaruhi produksi ASI enggak sih?

Spesialis obgyn dr.Boy Abidin menjelaskan, ada dua bentuk puting yang tidak normal. Pertama, rata atau tidak ada tonjolan, dan kedua, bentuk inverted atau terbalik masuk ke dalam.

"Bentuk puting yang tidak normal mengakibatkan susah menyusui," terang Boy, dalam program dr.Oz Indonesia Trans TV.


Lantas, akankah bentuk puting tidak normal itu memengaruhi produksi ASI? "Bentuk puting tidak normal tidak akan mengganggu produksi ASI. Hanya akan kesulitan saat menyusui bayinya," jawab dr.Claudia, saat acara yang sama.

Ilustrasi puting tidak normal/ Ilustrasi puting tidak normal/ Foto: HaiBunda
Sementara itu, dr.Dana Scott mengungkapkan, tidak ada yang abnormal ketika Bunda dianugerahi satu atau dua puting inverted, yang seringkali terlihat jelas ketika masa pubertas.

"Mereka bisa merasakan pengalaman menyusui yang lebih menantang. Mungkin perlu juga memanipulasi puting agar menyusui dengan lebih baik," papar ginekolog dari University of Michigan Von Voigtlander Women's Hospital, dikutip dari Health24.

Melansir data yang dipaparkan Mama Natural, 10 - 20 persen perempuan memiliki bentuk puting rata atau terbalik, dan mengalami kesulitan saat menyusui. Tapi jarang terjadi, Bun, puting terbalik menyebabkan sakit payudara berkepanjangan.


Nah, bagaimana dengan pembedahan agar bentuk puting normal? Dalam ulasan berjudul Inverted Nipples & Breastfeeding tersebut dijelaskan, pembedahan puting terbalik sebenarnya dapat menghambat produksi ASI.

Banyak ahli tidak merekomendasikan tindakan dan perawatan untuk puting terbalik. Sebagai gantinya, mereka menyarankan stimulasi manual untuk menarik puting, salah satunya dengan teknik Hoffman.

Simak caranya ya, Bun:

1. Tempatkan ibu jari di dasar kedua sisi puting dan tekan dengan kuat ke jaringan payudara.

2. Sambil menekan ke bawah, tarik jempol menjauh satu sama lain.

3. Gerakkan ibu jari ke sekeliling puting dan ulangi.

4. Ulangi sekali per hari.


Bunda yang memiliki puting terbalik, boleh dicoba dan semoga berhasil ya. Simak juga video dr.Oz Indonesia Trans TV berikut ini:

[Gambas:Video 20detik]

(muf/som)
Share yuk, Bun!
Rekomendasi