menyusui

Apa Itu Bingung Puting dan Tips Mengatasinya

Zika Zakiya Minggu, 07 Apr 2019 07:59 WIB
Apa Itu Bingung Puting dan Tips Mengatasinya
Jakarta - Bunda yang sudah mulai mengenalkan bayi pada dot, biasanya akan mengalami apa yang namanya bingung puting. Ini bisa membuat bayi tidak menyusu dengan maksimal langsung dari payudara dan lebih memilih dari dot susu.

Apa sih sebenarnya bingung puting itu? Menurut dr.Meta Hanindita Sp.A dalam buku Momypedia, Panduan Lengkap Merawat Bayi 0 - 1 Tahun, bingung puting adalah keadaan di mana bayi menolak menyusu dari payudara karena diberi dot sebelumnya.


Ini karena cara menyusu dari payudara dan dot memang berbeda, Bunda. "Saat menyusu dari payudara, ASI tidak akan keluar jika berhenti mengisap dan memompa. Tapi jika dari dot, susu akan tetap keluar walaupun tidak diisap dan dipompa," jelas Meta.


Perbedaan lain adalah saat menyusu dari payudara, bayi akan menggunakan otot bibir, lidah, hingga rahang. Sedangkan, saat menyusu dari dot, bayi hanya akan menggunakan otot bibir.



Ilustrasi menyusuiIlustrasi menyusui Foto: thinkstock


Kami mengerti Bunda, terkadang bingung puting ini tidak bisa dihindari karena si kecil terpaksa menggunakan dot saat menyusu karena Bunda bekerja atau adanya alasan lain. Maka dari itu, untuk mengatasinya Bunda bisa melakukan empat cara berikut.

1. Tunda pemberian dot

Dilansir Medela, cara terbaik untuk mencegah bingung puting adalah dengan menunda pemberian dot ataupun empeng. Sebaiknya dot atau empeng diberi saat menyusu dari payudara sudah terbiasa dilakukan. Biasanya, ini bisa dilakukan saat anak sudah berusia empat pekan.

2. Perbanyak ASI Bunda

Bayi akan lebih memilih dot yang memiliki aliran susu lebih banyak. Maka dari itu, untuk menyiasatinya, sebisa mungkin perbanyak suplai ASI ya Bunda. Dengan begitu, si kecil akan puas mengasup susu langsung dari sumber terbaiknya.


3. Bayi menolak dot

Contoh lain dari bingung puting adalah bayi yang lebih suka menyusu langsung dibanding dari dot. Ini bisa menyulitkan buat Bunda yang sudah harus kembali bekerja. Untuk menyiasatinya, Bunda bisa meminta orang lain (anggota keluarga atau ART) untuk memberi susu melalui botol si bayi. Sebab, biasanya si kecil hanya akan menolak botol yang diberikan oleh ibu tapi tidak menolak saat orang lain yang memberinya.

4. Cari dot yang paling mirip puting

Cara lain menyiasati bingung puting adalah dengan mencari dot yang memiliki aliran susu mirip dengan puting.

Apabila keempat cara mengatasi bingung puting tersebut masih belum bisa menjadi solusi, ada baiknya Bunda mulai menemui konselor laktasi. Sehingga, Bunda bisa berkonsultasi dan mendapat solusi dari masalah menyusui yang dialami.

Tetap semangat ya bagi Bunda yang menyusui!

[Gambas:Video 20detik]

(ziz/ziz)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi