sign up SIGN UP search

menyusui

11 Manfaat Menakjubkan ASI Eksklusif untuk Si Kecil, Bunda, dan Keluarga

Tim HaiBunda   |   Haibunda Kamis, 03 Mar 2022 14:32 WIB
Ilustrasi menyusui caption
Jakarta -

Air Susu Ibu atau ASI adalah minuman yang dianjurkan untuk semua bayi baru lahir, termasuk bayi prematur. Ini karena ASI diketahui memiliki beberapa manfaat seperti adanya kandungan imunologis, nutrisi, dan fisiologis dibandingkan dengan susu formula atau susu jenis lainnya.

ASI sendiri adalah makanan utama bayi sehingga tidak ada jenis makanan lainnya yang dapat menandingi kualitas ASI. Diketahui bahwa hanya ASI eksklusif saja yang dapat diterima sistem pencernaan bayi sehingga ASI harus diberikan secara eksklusif selama 6 bulan.


Manfaat ASI Eksklusif

Berikut ini beberapa manfaat pemberian ASI yang eksklusif baik pada Si Kecil, Bunda, dan keluarga:


Manfaat ASI bagi Bayi

1. Komposisi sesuai kebutuhan bayi. ASI adalah sumber nutrisi terbaik bagi bayi mengingat komposisinya seimbang dan ideal untuk kebutuhan masa pertumbuhan bayi. Sehingga ASI menjadi makanan tunggal sempurna bagi bayi hingga usia 6 bulan, baik dari segi kualitas atau kuantitas.

Banner Rumah Mewah Tengah HutanBanner Rumah Mewah Tengah Hutan/ Foto: Novita Rizki

2. ASI mengandung anti-bodi. Dengan adanya zat imunoglobulin, maka ASI mampu memberikan perlindungan bagi bayi. Tidak hanya itu, ternyata ASI juga mengandung zat anti infeksi yang dapat melindungi Si Kecil dari berbagai macam infeksi baik yang disebabkan oleh virus, bakteri, jamur, atau parasit. Oleh karena itu, pemberian ASI hingga bayi usia 6 bulan pertama sangat dianjurkan dan kemudian dilanjutkan sampai dua tahun dengan makanan padat.

3. Mengurangi kejadian karies dentis. Kejadian karies dentis pada bayi yang diberikan susu formula lebih tinggi dibandingkan dengan bayi yang mendapat ASI. Hal itu dikarenakan kebiasaan menyusui dengan botol ataupun dot, terutama ketika waktu akan tidur menyebabkan gigi lebih lama kontak dengan susu formula dan menyebabkan terbentuknya asam yang akan merusak gigi.

4. Terhindar dari alergi. Pada bayi yang baru lahir, sistem imunnya masih belum sempurna. Pemberian susu formula nantinya bisa merangsang sistem ini dan akhirnya dapat menimbulkan alergi.

5. ASI meningkatkan kecerdasan bagi bayi. Faktor penting dalam pertumbuhan otak anak adalah asupan nutrisi yang diterima. Di mana nutrisi yang paling sempurna untuk bayi pada saat pertumbuhan otak adalah ASI. Kandungan lemak di ASI adalah lemak tak jenuh dengan adanya kandungan omega-3 sehingga bisa mematangkan sel-sel otak. Dengan begitu, pada bayi yang mendapatkan ASI eksklusif jaringan otaknya akan tumbuh optimal.

Manfaat ASI bagi Bunda

Manual breast pump and bottle with breast milk on the background of mother holding in her hands and breastfeeding baby. Maternity and baby care.ASI Eksklusif Foto: iStock

6. ASI dapat mengurangi perdarahan pasca persalinan dan mempercepat kembalinya rahim ke bentuk semula. Menyusui bayi segera setelah lahir akan mengurangi perdarahan pada Bunda karena dengan langsung menyusui bayi akan terjadi peningkatan kadar oksitosin yang berguna untuk kontraksi/penutupan pembuluh darah. Sehingga mengurangi terjadinya perdarahan dan involusi rahim cepat pulih.

7. Mencegah anemia defisiensi zat besi. Dengan berkurangnya perdarahan pasca persalinan maka kejadian prevalensi anemia defisiensi besi juga akan berkurang.

8. Menunda kesuburan. Pemberian ASI secara eksklusif memberikan peluang 98% metode kontrasepsi lebih efisien selama tiga bulan.

9. Aspek penurunan berat badan. Pada saat hamil berat badan Bunda akan bertambah. Wajar ya, Bun karena saat hamil ada janin di dalam tubuh. Juga karena penimbunan lemak di dalam tubuh Bunda. Cadangan ini sebenarnya bertujuan baik karena memang disiapkan sebagai sumber tenaga dalam proses produksi ASI. Ketika menyusui, cadangan lemak tersebut akan terpakai.

Manfaat ASI bagi Keluarga

10. Aspek ekonomi. Ketika bayi diberikan ASI, maka Bunda tidak lagi perlu membeli susu formula. Sehingga dana yang Bunda gunakan untuk membeli susu formula dapat dialokasikan untuk keperluan lain. Selain itu, bayi yang diberikan ASI jarang sakit sehingga mengurangi dana untuk berobat.

11. Aspek psikologi. Bunda yang menyusui secara langsung akan memiliki ikatan batin yang kuat. Selain itu juga bisa mengikat Ayah dan Bunda secara emosional karena bersatu untuk meng-ASI-hi Si Kecil secara optimal.

Itulah beberapa manfaat pemberian ASI eksklusif yang dapat Bunda ketahui. Semoga bisa Bunda terapkan kala Si Kecil menyusui ya. (PK)

Simak juga video berikut mengenai penyebab tubuh menggemuk selama menyusui.

(ziz/ziz)
Share yuk, Bun!
BERSAMA DOKTER & AHLI
Bundapedia
Ensiklopedia A-Z istilah kesehatan terkait Bunda dan Si Kecil
Rekomendasi
Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
ARTIKEL TERBARU
  • Video
detiknetwork

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Pantau terus tumbuh kembang Si Kecil setiap bulannya hanya di Aplikasi HaiBunda!