menyusui

Hindari 2 Kesalahan Umum Paling Sering Dilakukan Ibu Menyusui

Dwi Indah Nurcahyani Selasa, 25 Jun 2019 19:55 WIB
Hindari 2 Kesalahan Umum Paling Sering Dilakukan Ibu Menyusui
Jakarta - Perjuangan menyusui banyak diwarnai drama yang bisa berujung gagal ASI eksklusif. Tak sedikit Bunda melakukan kesalahan yang membuat produksi ASI menurun nih, Bun.

Melansir Mother Child and Health, beberapa kesalahan yang biasanya dilakukan para Bunda yakni seputar pasokan ASI dan rasa sakit yang kemungkinan muncul selama menyusui.

Salah satunya, banyak para ibu bekerja tidak percaya diri bahwa mereka bisa menyusui secara eksklusif karena kepadatan aktivitasnya. Padahal kenyataannya, banyak ibu yang bekerja dari berbagai profesi sukses merawat bayi mereka dalam waktu yang lama.


Memang, kesuksesan tersebut tentu penuh perjuangan. Kuncinya, mereka sudah harus mempersiapkan pasokan ASI usai persalinan, Bun. Jadi saat mulai bekerja kembali pasokan ASI perah sudah tercukupi.

Kesalahan lainnya yang juga dilakukan yakni banyak dari ibu menyusui mempercayai bahwa susu formula itu 'cukup baik'. Ya, semua mungkin berpikir bahwa bayi yang telah diberi susu formula tampaknya secara umum sehat. Namun, bayi-bayi tersebut tidak diberi makan makanan yang telah dirancang sempurna hanya untuk mereka. Padahal, tubuh kecil mereka dapat tumbuh maksimal dengan cara terbaik jika mereka menerima nutrisi yang tepat.

Hindari 2 Kesalahan Umum Paling Sering Dilakukan Ibu MenyusuiKesalahan menyusui/ Foto: iStock

Beberapa profesional mengatakan bahwa memberikan susu formula harus menjadi pilihan terakhir yang dipilih ketika ibu menyusui bayinya. Pilihan pertama tentu saja menyusui bayi, pilihan kedua adalah ASI yang diberikan kepada bayi dalam botol, dan pilihan ketiga adalah ASI yang disumbangkan oleh ibu menyusui, serta pilihan terakhir adalah susu formula.

Tak hanya itu, kesalahan yang juga banyak dilakukan ibu menyusui yakni mempercayai bahwa orang lain perlu diikutsertakan dalam memberi makan buah hatinya. Ada banyak anggota keluarga yang mungkin membantu pengasuhan bayi Bunda.

Hal ini sah-sah saja Bunda lakukan karena tentunya membuat Bunda jadi lebih ringan dalam merawat si kecil. Tetapi perlu Bunda ingat bahwa seorang Bunda tidaklah dapat tergantikan. Dalam hal ini, kapasitas orang-orang yang membantu Bunda sekadar memberikan support karena selama menyusui tentunya Bunda membutuhkan dukungan positif dari orang-orang tercinta.

Seperti dikatakan Dr Ann Borders, seorang obgyn di Northshore University Health System. "Sebagian besar wanita tentu ingin menyusui. Untuk itu, tinggal bagaimana caranya memberikan mereka dukungan yang dibutuhkan,"katanya, dikutip dari Huffpost.

Nah, mengingat pentingnya support orang-orang tercinta di lingkungan Bunda, tak ada salahnya melibatkan mereka dalam memberikan semangat bagi Bunda selama menyusui, terutama pasangan yang selalu menemani hari-hari Bunda.

Tetap semangat mengASIhi ya, Bun.

Bunda, simak juga yuk cara memperlancar produksi ASI dalam tayangan berikut ini!

[Gambas:Video Haibunda]

(rap/rap)
Share yuk, Bun!
Artikel Terkait

Rekomendasi