menyusui

Ibu Menyusui Boleh Kok Makanan Pedas, Asalkan...

Dwi Indah Nurcahyani Selasa, 18 Jun 2019 14:46 WIB
Ibu Menyusui Boleh Kok Makanan Pedas, Asalkan...
Jakarta - Awal-awal menyusui, Bubun masih rajin banget makan sayur berkuah seperti sop dan bening. Tapi pas makin ke sini, lihat makanan pedas rasanya menggoda banget. Kebayang banget kalau lihat makanan pedas. Hmm, kira-kira aman enggak sih mengonsumsi makan pedas selama menyusui?

Keputusan menghindari makan makanan pedas memang kerap dipilih para Bunda menyusui. Kekhawatiran pencernaan si kecil terganggu membuat Bunda takut makan makanan pedas.

Menurut Sasha Watkins, seorang pakar diet mengatakan, sah-sah saja sebenarnya bagi Bunda yang menyusui mengonsumsi makanan pedas, Bun.


"Seharusnya apa yang Bunda makan dan masuk ke dalam ASI termasuk makanan pedas tidaklah mengganggu bayi Bunda. Bahkan, mungkin dapat bermanfaat bagi bayi. Sebab, rasa ASI akan berubah sesuai dengan apa yang Bunda makan. Dan ini menjadi cara bagi Bunda untuk memperkenalkan selera yang berbeda untuk bayi,"katanya seperti dikutip dari laman Baby Center.

Ibu Menyusui Boleh Kok Makanan Pedas, Asalkan...Ibu menyusui makan pedas/ Foto: istock

Melansir Mom Junction, untuk membuat perasaan Bunda nyaman dan tidak merasa bersalah ketika mengonsumsi makanan pedas, sebaiknya selalu memantau respons bayi setelahnya. Perhatikanlah apakah si kecil sensitif terhadap makanan pedas atau tidak dengan mengamati reaksinya ya, Bun.

Misalnya saja, bayi jadi lebih rewel saat menyusui, kurang tidur, menangis dalam waktu yang lama, tidak nyaman, bangun dengan tiba-tiba atau reaksi lainnya seperti lendir atau tinja berwarna hijau, reaksi kulit, dan lainnya.

Namun, tanda-tanda ini mungkin belum tentu menandakan respons terhadap makanan pedas karena bayi juga bisa berisiko alergi terhadap beberapa makanan lain seperti gandum, susu, jeruk, atau jagung dalam makanan yang Bunda konsumsi.

Meski demikian, ketika Bunda makan makanan pedas saat menyusui dan mengamati gejala-gejala tersebut, ada baiknya menghindari konsumsi makanan pedas selama beberapa waktu dulu dan Bunda dapat mencobanya kembali di kemudian hari.

Nah, selamat mencoba, Bun!

[Gambas:Video Haibunda]

(rap/rap)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi