menyusui

8 Manfaat Konsumsi Jahe untuk Ibu Menyusui

Yuni Ayu Amida Selasa, 12 Nov 2019 12:27 WIB
8 Manfaat Konsumsi Jahe untuk Ibu Menyusui
Jakarta - Tidak hanya saat hamil, ketika menyusui nutrisi ibu juga harus terpenuhi. Tak hanya itu, ibu menyusui juga mesti mengonsumsi beragam makanan yang menyehatkan. Nah, salah satunya jahe, Bunda.

Dikatakan Kelly LeVeque, ahli gizi yang berbasis di Los Angeles dan penulis buku Body Love, telah banyak penelitian yang menunjukkan manfaat kesehatan dari jahe. Tak hanya itu, jahe bahkan telah dipelajari sebagai penekan nafsu makan. Ini menunjukkan bahwa jahet berperan dalam mengatur berat badan ideal.

"Penelitian telah menunjukkan bahwa jahe adalah makanan anti-inflamasi dan bertindak sebagai antioksidan dalam tubuh," kata LeVeque, dilansir CNN.


Namun, rupanya manfaat jahe juga bisa dirasakan oleh ibu menyusui lho. Nah, berikut ini manfaat mengonsumsi jahe untuk ibu menyusui, dilansir Mom Junction.

1. Meningkatkan jumlah ASI

Sebuah penelitian menemukan bahwa mengonsumsi jahe dapat meningkatkan pasokan Air Susu Ibu (ASI). Hanya saja, ahli laktasi Hilary Jacobson menyarankan ibu yang mengalami kehilangan darah yang signifikan setelah melahirkan tidak boleh mengonsumsi jahe di awal postpartum, karena dapat meningkatkan risiko perdarahan. Namun, setelah melewati masa tersebut, dan kondisi ibu sudah lebih baik, jahe boleh dikonsumsi.

2. Meredakan mual

8 Manfaat Konsumsi Jahe untuk Ibu Menyusui8 Manfaat Konsumsi Jahe untuk Ibu Menyusui /Foto: iStock


Tidak hanya saat hamil saja, Bunda, selama fase laktasi, ibu juga berisiko mengalami mual parah lho. Salah satu asupan yang bisa mengatasi mual adalah jahe.

Kandungan dalam jahe dapat melawan mual dan membantu mencegah gejala mual atau muntah di pagi hari. Selain itu, jahe juga punya aroma yang menenangkan. Jadi ibu menyusui baik mengonsumsi teh jahe atau air rebusan jahe di pagi hari.

"Ini (jahe) paling umum dikenal untuk membantu meringankan masalah pencernaan seperti mual," kata LeVeque.

3. Mengatasi gangguan pencernaan

Ibu menyusui biasanya cenderung mengalami masalah pencernaan seperti sembelit, perut kembung, atau bergas, dan gangguan pencernaan lainnya. Dalam kasus seperti ini, jahe dapat membantu lho.

Air rebusan jahe bisa meningkatkan proses pencernaan dan meningkatkan kemampuan organ tubuh untuk menyerap makanan dengan baik. Jahe juga membantu meningkatkan nafsu makan dan membuat Bunda tetap bersemangat.

4. Mengatasi gangguan pernapasan

Teh jahe atau air rebusan jahe bisa meringankan hidung tersumbat atau sakit tenggorokan yang disebabkan pilek. Nah, saat Bunda sedang hamil dan diserang pilek, lebih baik konsumsi jahe sebagai obatnya. Jahe juga bisa membantu mencegah gangguan pernapasan dan melawan alergi lingkungan.

5. Mengurangi peradangan

Jahe merupakan obat rumahan, Bunda. Khasiat anti-inflamasi yang terdapat dalam jahe sangat ideal untuk mengobati kondisi nyeri sendi dan otot yang parah.

6. Meningkatkan sirkulasi darah

Teh jahe atau air rebusan jahe mengandung mineral penting, vitamin, dan asam amino yang bisa meningkatkan sirkulasi darah dalam tubuh. Tentunya jika aliran darah lancar, jantung pun akan berfungsi dengan baik. Bunda juga akan terhindar dari penyakit kardiovaskular seperti serangan jantung dan stroke.

7. Meningkatkan kekebalan tubuh

Rasa menyegarkan air rebusan jahe yang hangat dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh lho Bunda. Jahe mengandung antioksidan yang tinggi dan membantu melindungi tubuh dari penyakit yang mengancam jiwa.

8. Menghilangkan stres

Jahe memiliki efek menenangkan yang efektif pada tubuh manusia. Dengan minum secangkir teh jahe hangat, kita dapat terhindar dari stres dan ketegangan. Perpaduan sempurna dari aroma kuat dan sifat antioksidan pada jahe inilah yang bertindak sebagai penghilang stres yang efektif. Tentunya ini sangat baik untuk mencegah ibu menyusui mengalami stres ya.

[Gambas:Video Haibunda]

(yun/rdn)
Share yuk, Bun!
Artikel Terkait

Rekomendasi