menyusui

Mitos & Fakta Kualitas ASI Menurun Setelah Anak Berusia 1 Tahun

Dwi Indah Nurcahyani Rabu, 13 Nov 2019 13:20 WIB
Mitos & Fakta Kualitas ASI Menurun Setelah Anak Berusia 1 Tahun
Jakarta - Setelah bayi berusia satu tahun, banyak lho Bunda yang memilih berhenti menyusui buah hatinya. Ada yang beranggapan kalau kualitas ASI mereka semakin menurun. Hal itu biasanya dikarenakan jumlahnya pun ikut berkurang, Bun.

Sebagian Bunda ada pula yang beranggapan kalau anaknya tidak lagi membutuhkan ASI. Mereka mengira nutrisi anak sudah cukup dari makanan dan susu tambahan yang diberikan ke anak.

Polemik seputar ASI memang selalu muncul di kalangan para Bunda. Termasuk di antaranya kualitas ASI yang dikira sudah berkurang setelah si kecil memasuki usia 1 tahun.


Menyoal hal tersebut, pemberian ASI bagi anak di atas 1 tahun tetap diperlukan, Bun. Sebab, manfaat yang diberikan ASI ternyata tidaklah berkurang layaknya saat mereka menyusu sejak dilahirkan. Bisa dipastikan kalau kualitas ASI menurun hanyalah mitos belaka.

"Banyak orang berpikir tidak ada nilai gizi pada ASI setelah anak satu tahun. Dan itu tidak benar," ujar Robin Elise Weiss, seorang konsultan laktasi dikutip dari Parents.

Mitos & Fakta Kualitas ASI Menurun Setelah Anak Berusia 1 TahunKualitas ASI setelah anak berusia satu tahun/Foto: iStock


Weiss melanjutkan, terlepas dari berapa usia bayi Bunda, mereka akan tetap mendapatkan manfaat protein, kalsium, lemak, vitamin A, dan nutrisi lain dalam ASI.

Ia pun membandingkan manfaat nutrisi dengan sayuran seperti bayam. Jumlah bayam yang Bunda makan tentu tidak akan menghilangkan nilai gizinya. Bayam, apakah itu porsi pertama atau porsi ke-1.000 tentu akan tetap baik untuk Bunda.

Melansir Mayo Clinic, faktanya ASI harus terus diberikan setelah anak usia 1 tahun untuk meningkatkan imunitas. Sebab, selama menyusui, sel-sel dan hormon serta antibodi dalam ASI akan terus meningkatkan sistem kekebalan tubuh bayi.

Selain itu, ASI yang diberikan juga dapat meningkatkan kesehatan si kecil, Bun. Penelitian menunjukkan bahwa semakin lama menyusui dan banyak ASI yang diminum bayi, maka akan baik kesehatannya.

Oh ya, Bun, ASI juga diketahui dapat membantu meningkatkan perkembangan otak pada bayi. Sehingga, sangat penting untuk terus melanjutkan pemberian ASI meski usia si kecil telah menginjak 1 tahun ya, Bun.

Nah, tetap semangat mengASIhi ya, Bun!

Simak peralatan wajib yang harus dimiliki ibu menyusui dalam video di bawah ini!

[Gambas:Video Haibunda]

(rap/rap)
Share yuk, Bun!
Artikel Terkait

Rekomendasi