menyusui

Ibu Menyusui Minum Obat, Apa Efeknya ke Bayi?

Radian Nyi Sukmasari Minggu, 10 Nov 2019 17:10 WIB
Ibu Menyusui Minum Obat, Apa Efeknya ke Bayi? Ilustrasi ibu menyusui minum obat/ Foto: thinkstock
Jakarta - Seorang ibu juga bisa sakit, termasuk ibu menyusui. Hanya saja, ketika akan minim obat, ibu menyusui ada yang khawatir apakah obat yang diminum bisa berpengaruh pada ASI?

Terkait hal ini, dr.Soedjatmiko, Sp.A(K), M.Si mengatakan obat yang dikonsumsi ibu hanya sebagian kecil yang masuk ke ASI, sekitar 1 persen. Namun, ada obat pernah dilaporkan memberi efek samping.

"Obat itu antara lain obat psikiatri, obat anti-kejang, beberapa golongan antibiotika, sulfonamid, estrogen (pil KB), dan golongan diuretika," kata pria yang akrab disapa Miko ini dalam bukunya Cara Praktis Membentuk Anak Sehat, Tumbuh Kembang Optimal, Kreatif, dan Cerdas Multipel.


Miko menambahkan, ibu yang mendapat obat antikanker atau mesti menjalani radiasi (penyinaran) baiknya berhenti dulu menyusui. Atau, untuk konsumsi obat Bunda bisa konsultasikan dengan dokter yang bersangkutan ya.

Soal ibu menyusui minum obat, American Academy of Pediatrics (AAP) pun merekomendasikan agar ibu menyusui hanya mengonsumsi obat ketika benar-benar diperlukan. Lalu, ambil dosis terendah untuk waktu sesingkat mungkin.

Jika memungkinkan, gunakan obat yang bekerja singkat (obat yang dieliminasi oleh tubuh dengan cepat) daripada obat yang bekerja lebih lama. Kemudian, perhatikan pula reaksi bayi.

Ilustrasi ibu menyusui minum obatIlustrasi ibu menyusui minum obat/ Foto: iStock
"Jadi, ketika ibu menyusui meminum obat apa pun, perhatikan dengan cermat reaksi bayi termasuk apakah mereka kehilangan nafsu makan, diare, mengantuk, menangis berlebihan, muntah, atau timbul ruam di kulit. Terpenting, segera hubungi dokter jika salah satu dari gejala tersebut muncul," kata AAP.

Simak juga 2 obat alami atasi luka bakar akibat tersengat sinar matahari di video berikut.

[Gambas:Video Haibunda]

(rdn/rdn)
Share yuk, Bun!
Artikel Terkait

Rekomendasi