menyusui

Benarkah Menyusui Bisa Menyebabkan Bunda Kekurangan Vitamin D?

Dwi Indah Nurcahyani Jumat, 15 Nov 2019 08:39 WIB
Benarkah Menyusui Bisa Menyebabkan Bunda Kekurangan Vitamin D?
Jakarta - Menyusui banyak menyedot energi dari tubuh Bunda. Tak mengherankan, menyusui secara eksklusif banyak dikaitkan dengan defisiensi vitamin, terutama vitamin D.

Ya, kondisi ini memang serius untuk diperhatikan, Bun. Sebab, berkaitan dengan kesehatan Bunda ke depannya. Dalam usaha mencegah dan mengobati kekurangan besi, dokter tidak akan menyarankan Bunda untuk berhenti menyusui.

"Saya pikir ASI adalah makanan yang sempurna dan cara tersehat memberi makan pada bayi,"ujar Dr Catherine M. Gordon, Director of the bone health program di Children Hospital Boston, dikutip dari NY Times.


Dr Gordon mengatakan bahwa ia banyak menemukan banyak ibu menyusui kekurangan vitamin D, sehingga ASI mereka berkurang. Akhirnya, berat badan buah hati pun tidak bisa naik karena yang mereka serap ASI yang kurang vitamin.

Meski demikian, Gordon sangat tidak menyarankan ibu berhenti menyusui. Ia menyarankan untuk memberikan vitamin D tetes seperti yang direkomendasikan American Academy of Pediatrics. Sebab, kekurangan vitamin D mungkin tidak segera terlihat. Tetapi, hal tersebut dapat memengaruhi pertumbuhan, dan mineraliasi tulang serta otot.

Benarkan Menyusui Bisa Menyebabkan Bunda Kekurangan Vitamin D?Ibu menyusui kekurangan vitamin D/Foto: iStock

Melansir Kelly Mom, ASI merupakan sumber vitamin D yang sangat buruk dimana biasanya mengandung kurang dari 50 IU per liter. Itulah sebabnya mengapa AAP merekomendasikan semua bayi yang disusui menerima 400 IU vitamin D per hari dengan suplemen tetes.

Jadi, ketika seorang ibu menyusui mengonsumsi 6400 IU per hari, maka ia akan memasok banyak vitamin D melalui bayinya dan tidak perlu memberikan bayinya vitamin tetes.

Semoga membantu ya, Bun!

Simak juga drama menyusui yang dialami Eriska Rein!

[Gambas:Video Haibunda]

(rap/rap)
Share yuk, Bun!
Artikel Terkait

Rekomendasi