menyusui

Alasan Ibu Menyusui Dilarang Bersihkan Gigi dengan Mouthwash

Dwi Indah Nurcahyani Rabu, 13 Nov 2019 08:21 WIB
Alasan Ibu Menyusui Dilarang Bersihkan Gigi dengan Mouthwash
Jakarta - Mouthwash seringkali digunakan untuk menjaga kesegaran mulut. Cara ini dianggap lebih praktis ketimbang harus bolak-balik sikat gigi.

Produk perawatan gigi dan mulut ini, kira-kira boleh enggak ya, digunakan ibu menyusui? Melansir Life Smiles, produk mouthwash biasanya mengandung fluoride yang berfungsi mencegah kerusakan gigi.

Kandungan ini sebenarnya baik untuk kesehatan gigi, tetapi ternyata tidak disarankan dipakai ibu menyusui. Ketika ibu menyusui ingin tetap memakai mouthwash, sebaiknya dibatasi dan tidak berlebihan.


Meski tidak ada data konkret tentang fluoride dalam ASI, namun fluoride merupakan obat-obatan yang dapat dilacak dalam ASI. Sehingga, penggunaan fluoride yang berlebihan saat menyusui sangat tidak dianjurkan.

Pasta gigi dan obat kumur biasa hanya mengandung sedikit fluoride sehingga aman digunakan. Jika risiko kerusakan gigi tinggi, direkomendasikan menggunakan fluoride varnishes setelah dibersihkan untuk melindungi gigi dari kerusakan lebih lanjut.

Alasan Ibu Menyusui Dilarang Bersihkan Gigi dengan MouthwashMouthwash untuk ibu menyusui/ Foto: iStock

Meskipun tidak mungkin alkohol dalam obat kumur memengaruhi bayi karena dipakai dengan mengeluarkannya daripada menelannya, para ahli tetap mewaspadai hal tersebut. Apalagi, alkohol cenderung mengiritasi gusi dan tidak memiliki efek menguntungkan.

"Ketika menggunakan mouthwash, tips yang bisa dilakukan jangan menyikatnya, menggunakan benang, makan, minum atau bahkan membilasnya dengan air setidaknya setengah jam sesudah pemakaian. Karena hal itu dapat mengurangi efektivitas produk," kata Paul Casamassimo, profesor kedokteran gigi pediatrik di Ohio State University College of Dentistry, seperti dikutip dari laman Baby Center.

Selain itu, untuk lebih aman dalam menggunakannya, tanyakan selalu pada dokter gigi ya, Bun, setiap produk yang Bunda gunakan. Dengan begitu, dokter gigi Bunda dapat merekomendasikan produk tertentu yang sesuai dengan kebutuhan.

Semoga membantu, Bun!

Bunda, simak penyebab bayi ASI alami sembelit yuk, Bun!

[Gambas:Video Haibunda]

(rap/rap)
Share yuk, Bun!
Artikel Terkait

Rekomendasi