menyusui

Bahaya Anak Hanya Diberi Teh Bukan ASI Saat Kecil seperti Betrand Peto

Asri Ediyati Rabu, 20 Nov 2019 20:21 WIB
Bahaya Anak Hanya Diberi Teh Bukan ASI Saat Kecil seperti Betrand Peto
Jakarta - Baru-baru ini Betrand Peto, anak angkat Ruben Onsu dan Sarwendah menghebohkan netizen. Ia ikut meminum ASI milik Sarwendah. Ternyata di balik itu semua, ada kisah menyedihkan tentang masa kecil Betrand.

Sejak bayi Betrand tidak pernah merasakan ASI. Waktu bayi Betrand hanya diberi minum teh manis. Hiks, ikut sedih ya, Bunda?

Soal bayi minum teh, ya beberapa ibu percaya kalau meminumkan bayinya teh bisa meredakan masalah pencernaan seperti kolik. Namun, beberapa teh bisa mengakibatkan komplikasi neurologis karena mengandung racun bagi bayi. Demikian dikutip dari WebMD.

Mungkin Bunda pernah mendengar ada orang tua yang memberikan teh peppermint atau chamomile. Ternyata, jika diberikan dalam jumlah banyak bisa menyebabkan bayi tersedak. Apalagi teh peppermint yang mengandung metanol tingkat tinggi.


Tak cuma bayi, ibu juga tidak dianjurkan untuk minum teh chamomile saat menyusui karena berpotensi membahayakan bayi yang menyusui.

"Memberi minum teh pada bayi Anda secara teratur sebagai ganti susu dapat memengaruhi pertumbuhan dan kenaikan berat badannya. Jika Anda menyusui, memberi bayi Anda minuman tambahan dapat mengurangi suplai ASI Anda, karena menyusui bekerja berdasarkan persediaan dan permintaan," kata seorang dietitian Sarah Schenker dilansir Baby Centre.

Sementara itu menurut Dr.Parimala V Thirumalesh, MBBS, MD yang berbasis di Bangalore, ia malah merekomendasikan untuk tidak memperkenalkan kafein dalam bentuk apapun pada anak-anak, apalagi bayi. Baik itu berupa teh atau kopi.

"Dibandingkan dengan orang dewasa, anak-anak lebih mungkin untuk dirugikan oleh asupan kafein," kata konsultan senior Neonatologi & Pediatri, Rumah Sakit Aster CMI, dikutip dari India Times.

"Jika Anda tidak dapat menghindari minum berkafein seperti teh. Pastikan diseduh ringan dan cukup encer atau dengan susu tambahan. Anak-anak cenderung kurang tidur dan menjadi hiperaktif setelah mengonsumsi kafein sehingga sebaiknya dihindari," sambungnya.

Cara membersihkan lidah putih pada bayi:

[Gambas:Video Haibunda]

(aci/som)
Share yuk, Bun!
Artikel Terkait

Rekomendasi