menyusui

Wow! Kandungan Susu Kambing Menjadi Sumber ASI Booster Terbaik

Dwi Indah Nurcahyani Selasa, 26 Nov 2019 08:20 WIB
Wow! Kandungan Susu Kambing Menjadi Sumber ASI Booster Terbaik
Jakarta - Bagi ibu menyusui, ASI berlimpah menjadi sebuah rezeki tersendiri. Keinginan untuk memberikan ASI eksklusif membuat mereka mencoba berbagai agar produksi air susunya lancar.

Berbagai ASI booster pun siap dicoba. Termasuk di antaranya, susu kambing yang banyak dipercaya mujarab dalam menaikkan produksi ASI.


Melansir Kid Spot, sebuah studi melaporkan bahwa susu kambing mirip dengan ASI. Studi yang diterbitkan dalam British Journal of Nutrition menemukan bahwa susu kambing memiliki sifat yang mirip dengan ASI. Kandungannya bermanfaat bagi kesehatan usus dan menghambat bakteri berbahaya.


"Oligosaccharides adalah jenis karbohidrat yang berlimpah dalam ASI yang membangun dan memelihara mikroflora usus yang sehat, perkembangan kekebalan tubuh dan perlindungan terhadap infeksi saluran pencernaan. Dan, susu kambing memiliki oligosakarida enam kali lebih banyak daripada susu sapi," ujar peneliti utama Profesor Harsharn Gill.

Wow! Kandungan Susu Kambing Menjadi Sumber ASI Booster TerbaikSusu kambing sebagai ASI booster/Foto: iStock

Dalam hal menyusui, Bunda memang membutuhkan banyak cairan setiap harinya yang harus dipenuhi. Ibu menyusui diketahui membutuhkan antara 2,25 hingga 3,1 liter cairan setiap hari. Jumlah tersebut setara 9 hingga 13 gelas.

Hal ini biasanya akan bervariasi kebutuhannya tergantung pada metabolisme tubuh Bunda, tingkat aktivitas, dan lainnya. Dan, cairan ini pun dapat dipenuhi dalam bentuk apa pun termasuk susu. Apalagi, susu merupakan makanan alternatif yang dapat meningkatkan jumlah kalsium.

Seperti diketahui, kalsium sendiri merupakan nutrisi penting yang dibutuhkan oleh setiap organisme di bumi. Dalam tubuh manusia, kalsium penting untuk pemeliharaan gigi dan tulang. Kalsium juga relevan sebagai pembawa pesan kimia, yang mendorong aksi kontraksi dan relaksasi otot, seperti dikutip dari Parenting First Cry.

Untuk meningkatkan jumlah kalsium dalam ASI, Bunda dapat memenuhinya dalam nutrisi harian. Salah satu sumber terbaik yang bisa Bunda konsumsi yakni susu kambing, dimana menjadi pilihan baik saat menyusui. Bunda juga bisa membarenginya dengan sumber alami lainnya seperti biji-bijian, tahu, ikan, dan lainnya.

Wow! Kandungan Susu Kambing Menjadi Sumber ASI Booster Terbaik


Semoga membantu, Bun!

Bunda, ternyata Eriska Rein pernah mengalami drama menyusui anaknya lho. Simak ceritanya dalam video di bawah ini!

[Gambas:Video Haibunda]

(rap/rap)
Share yuk, Bun!
Artikel Terkait

Rekomendasi