sign up SIGN UP search


menyusui

Bunda Perlu Tahu, 5 Asupan yang Diyakini Bisa Menambah Produksi ASI

Kinan Kamis, 11 Jun 2020 14:30 WIB
Mother breastfeeding baby son in bedroom, they enjoy in this moment together caption
Jakarta -

Bagi Bunda yang sedang menyusui, produksi air susu ibu (ASI) yang tetap terkontrol menjadi salah satu kunci penting. Berbagai ASI booster seperti suplemen pun kadang menjadi pilihan.

Padahal selain itu, penambahan produksi ASI juga bisa Bunda dapatkan dari konsumsi makanan bergizi sehari-hari, lho. Seperti disampaikan konselor laktasi Alicia C. Simpson, ibu menyusui sebaiknya tak hanya bergantung pada suplemen saja.

Apa saja ragam asupan yang bisa Bunda pilih? Dirangkum dari berbagai sumber, berikut pilihannya:


1. Oatmeal

Dikutip dari Today's Parent, oatmeal dan gandum memiliki kandungan nutrisi penting bagi ibu menyusui, terutama dalam peran menjaga suplai ASI. Oatmeal dan gandum memiliki konsentrasi beta-glukan yang lebih tinggi daripada makanan lainnya.

Bunda bisa mengonsumsi oatmeal dengan cara dimasak dan dicampur dengan buah-buahan, atau diolah menjadi kue.

2. Biji-bijian utuh lain

Selain oatmeal, biji-bijian utuh lain seperti beras merah juga bisa dipilih untuk memberikan tambahan suplai ASI yang baik. Manfaat yang didapat bahkan jauh lebih baik dibandingkan jika Bunda mengonsumsi nasi putih atau olahan tepung lainnya.

3. Pepaya

Biji pepayaBuah pepaya. (Foto: iStock)

Buah dengan rasa legit dan manis ini diyakini juga menjadi salah satu asupan yang bisa membantu meningkatkan suplai ASI. Baik dikonsumsi langsung atau dicampur dengan yoghurt, pepaya bisa menjadi pilihan camilan sehat ibu menyusui.

4. Sayuran berdaun hijau

Dilansir Very Well Family, sayuran berdaun hijau juga bisa menjadi pilihan ideal ibu menyusui. Termasuk di antaranya selada, kangkung, bayam dan brokoli. Selain kaya kalsium, sayuran ini juga mengandung fitoestrogen yang memiliki efek positif pada produksi ASI.

5. Almond

Susu almond atau almond milk kini kian populer dimanfaatkan sebagai salah satu ASI booster. Nah, almond memang menjadi salah satu jenis kacang yang baik untuk meningkatkan produksi ASI.

Selain itu, rasanya yang khas juga dipercaya membuat cita rasa ASI jadi lebih kaya, lho.

Nah, apa asupan penambah ASI alami yang jadi favorit Bunda, nih?

simak juga tips meningkatkan produksi ASI dalam video berikut ini, Bunda:

[Gambas:Video Haibunda]



(som/som)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi