menyusui

Intip Daftar Makanan yang Bisa Membuat ASI Kering

Dwi Indah Nurcahyani Minggu, 01 Dec 2019 09:00 WIB
Intip Daftar Makanan yang Bisa Membuat ASI Kering
Jakarta - Saat menyusui, banyak ibu yang merasa nafsu makannya ikut meningkat. Itu sebabnya, merek melahap berbagai makanan agar pasokan ASI bertambah.

Eits, tetap waspada ya, Bun. Sebab, ada beberapa makanan yang justru berisiko membuat ASI kering.


Melansir Healthymummy, Bel Moore seorang konsultan laktasi mengatakan beberapa makanan memang sebaiknya dikurangi takarannya agar suplai ASI tetap terjaga.


"Ada baiknya Bunda untuk dapat menguranginya atau bahkan jika bisa untuk menghindarinya supaya produksi ASI aman,"katanya.

Intip Daftar Makanan yang Bisa Membuat ASI KeringMakanan yang bikin ASI kering/Foto: iStock

Perlu Bunda tahu, beberapa makanan yang diketahui dapat mengurangi suplai ASI diantaranya peppermint, peterseli, sage, oregano, thyme, dan daun kubis.

Selain itu, Bunda juga perlu menghindari minuman alkohol. Dalam penelitian, mengonsumsi alkohol membuat bayi lebih sedikit mengonsumsi ASI karena alkohol dapat mengubah rasa dan aroma ASI, seperti dikutip dari laman Parents.

Buah chasteberry juga perlu dihindari ketika Bunda menyusui. Sebab, buah ini memberikan efek terapeutik dengan bertindak langsung pada kelenjar hipofisis dan menghambat sekresi prolaktin.

Ketika kadar prolaktin berkurang pada ibu yang menyusui, suplai ASI biasanya pun berkurang. Nah, jadi ada baiknya hindari mengonsumsinya ya, Bun.

Semoga membantu, Bun!

Selain makanan ternyata posisi menyusui juga mempengaruhi ASI, simak penjelasannya di bawah ini.

[Gambas:Video Haibunda]

(rap/rap)
Share yuk, Bun!
Artikel Terkait

Rekomendasi