menyusui

5 Bahan Alami Ampuh Redakan Batuk Pilek & Aman bagi Ibu Menyusui

Yuni Ayu Amida Jumat, 13 Dec 2019 12:42 WIB
5 Bahan Alami Ampuh Redakan Batuk Pilek & Aman bagi Ibu Menyusui
Jakarta - Sakit batuk pilek mungkin terdengar biasa, namun bagaimana jika ibu menyusui yang mengalaminya? Apakah menyusui akan tetap aman? Simak penjelasan pakar ini, Bunda.

Dijelaskan perawat dan ahli kesehatan, Sarah Beeson, jika ibu mengalami pilek atau flu, demam, diare dan muntah, atau mastitis, tetaplah menyusui seperti biasa. Bayi tidak akan tertular penyakit tersebut melalui ASI. Karena ASI mengandung antibodi untuk mengurangi risiko terkena virus tersebut.


"Bayi Anda sebenarnya adalah orang yang paling tidak mungkin jatuh sakit karena pilek Anda, karena ia sudah melakukan kontak dekat dengan Anda dan mendapatkan dosis harian dari antibodi pelindung dari ASI Anda," kata Beeson.


Mengagumkannya lagi, kata Beeson, jika kita terpapar infeksi bakteri atau virus dari pilek atau flu, tubuh akan membuat antibodi untuk melawannya. Antibodi ini kemudian ditransfer ke bayi melalui ASI. Jadi bayi akan baik-baik saja.

Meski demikian, tentunya batuk pilek akan sangat mengganggu ya, Bunda. Kerongkongan sakit dan tubuh terasa lemas. Nah, sebagai gantinya, Bunda bisa meredakan batuk pilek tersebut dengan mengonsumsi bahan-bahan alami berikut ini, dilansir berbagai sumber.

1. Teh chamomile

Minum teh chamomile dapat membantu menghilangkan rasa sakit di tenggorokan dan membantu melawan infeksi. Teh harum ini bekerja dengan baik untuk mengurangi iritasi dan nyeri tenggorokan saat batuk pilek.

2. Akar manis

5 Bahan Alami Ampuh Redakan Batuk Pilek & Aman bagi Ibu Menyusui5 Bahan Alami Ampuh Redakan Batuk Pilek & Aman bagi Ibu Menyusui /Foto: ilustrasi/thinkstock


Akar manis adalah obat tradisional untuk mengatasi flu, batuk, atau infeksi saluran pernapasan. Cara mengonsumsinya, cuci akar dengan benar, lalu hancurkan sampai halus. Campur 1 sendok makan bubuk akar manis tersebut dengan dua cangkir air, didihkan dalam panci dengan api kecil selama kurang lebih 15 sampai 20 menit. Saring sebelum diminum.

3. Madu dan lemon

Campurkan satu cangkir air panas dengan 2 sendok teh madu dan 2 sendok teh jus lemon. Minumlah ini setiap hari ketika batuk pilek menyerang.

4. Cairan hangat

Minumlah cairan hangat, seperti air hangat atau teh hangat. Ini bisa membantu meredakan sakit atau gatal di tenggorokan, serta iritasi akibat flu.

5. Cuka apel dan air jahe

Campuran cuka apel dan jahe akan memberikan khasiat maksimal untuk meredakan batuk pilek. Caranya, campurkan 2 sendok makan cuka apel dan 1 sendok teh bubuk jahe dalam segelas air hangat. Minum dua kali sehari untuk dapatkan hasil maksimal.


Simak juga cerita dr.Reisa saat hamil dalam video berikut:

[Gambas:Video Haibunda]

(yun/muf)
Share yuk, Bun!
Artikel Terkait

Rekomendasi